Barat Pertimbangkan Batas Waktu Perundingan Damai untuk Ukraina

Selasa, 28 Februari 2023 - 06:20 WIB
loading...
Barat Pertimbangkan Batas Waktu Perundingan Damai untuk Ukraina
Presiden AS Joe Biden menyambut Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy di South Lawn di Gedung Putih di Washington, AS, 21 Desember 2022. Foto/REUTERS/Kevin Lamarque
A A A
BERLIN - Para pendukung Barat Ukraina sedang mempertimbangkan pengenaan ultimatum pada Ukraina sehubungan dengan kemungkinan perundingan damai dengan Rusia.

Tabloid Jerman Bild melaporkan hal itu pada Senin (27/2/2023), mengutip sumber pemerintah anonim di Washington dan Berlin.

“Dengan pasokan senjata baru, Amerika Serikat (AS) dan sekutunya ingin memberikan insentif kepada Kiev untuk mencoba merebut kembali wilayah yang direbut pasukan Rusia,” klaim laporan Bild.

Bild menambahkan, “Barat ingin melihat hasil dalam hal ini pada musim gugur.”

“Jika serangan balasan gagal, tekanan pada Kiev untuk bernegosiasi dengan Kremlin akan meningkat,” lapor surat kabar itu.



Sebelumnya, Wall Street Journal melaporkan Inggris, Prancis, dan Jerman diduga menawarkan senjata ke Kiev dan komitmen keamanan dalam rencana yang bertujuan mendorong Kiev bernegosiasi dengan Moskow.

Outlet media AS mengklaim pekan lalu bahwa London, Berlin dan Paris seharusnya siap menawarkan jaminan keamanan hanya untuk keanggotaan NATO.

Namun, menurut Bild, kondisinya tidak begitu murah hati. “Orang Eropa dan AS tidak dapat dan tidak ingin memberi Ukraina jaminan keamanan keras seperti keanggotaan NATO saat ini,” ungkap anggota parlemen Jerman Norbert Roettgen, yang sebelumnya mengepalai Komite Urusan Luar Negeri Bundestag, kepada tabloid tersebut.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1937 seconds (0.1#10.140)