El Salvador Pindahkan 2.000 Anggota Geng ke Penjara Terbesar di Amerika

Sabtu, 25 Februari 2023 - 19:04 WIB
loading...
El Salvador Pindahkan 2.000 Anggota Geng ke Penjara Terbesar di Amerika
El Salvador memindahkan 2.000 anggota geng ke penjara baru yang diklaim terbesar di Amerika. Foto/Metro
A A A
SAN SALVADOR - El Salvador memindahkan 2.000 orang yang dituduh menjadi anggota geng ke "penjara besar" yang baru dibuka. Pemindahan itu terjadi setelah negara di Amerika Tengah itu melakukan gelombang operasi anti-geng di mana polisi menyapu lebih dari 64.000 orang dan kebebasan sipil utama ditangguhkan.

Dalam sebuah postingan di Twitter, Presiden El Salvador Nayib Bukele merayakan kedatangan tersangka anggota geng di penjara, yang memiliki ruang untuk 40.000 orang dan dikatakan sebagai yang terbesar di Amerika.

“Saat fajar, dalam satu operasi, kami memindahkan 2.000 anggota pertama ke Pusat Pengurungan Terorisme (CECOT),” kata Bukele.

"Ini akan menjadi rumah baru mereka, tempat mereka akan tinggal selama beberapa dekade, semuanya bercampur, tidak dapat membahayakan penduduk lebih lanjut," sambungnya seperti dikutip dari Al Jazeera, Sabtu (25/2/2023).

Bukele dan sekutunya meloloskan "keadaan pengecualian" yang kontroversial tahun lalu, menangguhkan hak-hak utama seperti hak pengacara dan hak komunikasi pribadi. Deklarasi tersebut juga memungkinkan polisi untuk melakukan penangkapan tanpa surat perintah dan tanpa penjelasan.



Kelompok-kelompok hak asasi manusia mengkritik tindakan tersebut, menuduh pemerintah El Salvador memberdayakan dirinya sendiri untuk bertindak dengan impunitas dengan sedikit bantuan bagi mereka yang dipenjara secara tidak sah. Lusinan orang yang dipenjara telah meninggal selama keadaan pengecualian, yang telah diperpanjang beberapa kali.

Namun, tindakan keras itu mendapat dukungan luas dari warga El Salvador. Banyak yang memuji tindakan tersebut dengan mengekang geng kriminal yang telah melakukan kampanye kekerasan dan eksploitasi di seluruh wilayah selama beberapa dekade.

Dalam sebuah artikel bulan Februari, surat kabar Salvador El Faro, yang telah melaporkan dugaan pelanggaran selama keadaan pengecualian, mengatakan bahwa pemerintah telah memberikan pukulan serius kepada geng-geng kriminal tersebut, bahkan ketika mempertanyakan berapa lama perubahan itu akan bertahan.

“Para pengkritik negara pengecualian mengakui, dengan nuansa, bahwa hal itu telah memberikan hasil yang nyata bagi penduduk,” tulis artikel tersebut.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1501 seconds (0.1#10.140)