Korban Gempa Turki Marah atas Respons Lamban Erdogan: di Mana Negara?

Kamis, 09 Februari 2023 - 16:08 WIB
loading...
A A A
Respons Militer

Nasuh Mahruki, pendiri kelompok pencarian dan penyelamatan yang aktif dalam menanggapi gempa tahun 1999 yang menewaskan 17.000 orang, mengatakan tentara tidak segera bertindak karena pemerintah Erdogan membatalkan protokol yang memungkinkannya untuk merespons tanpa instruksi.

"Saat ini dibatalkan, tugas dan tanggung jawab mereka dalam memerangi bencana dicabut," katanya kepada Reuters.

"Pada detik-detik pertama (setelah gempa 1999), Angkatan Bersenjata Turki mulai bekerja dan berada di tempat kejadian bersama orang-orang dalam beberapa jam," katanya, membandingkannya dengan situasi saat ini di mana militer harus menunggu instruksi.

“Sekarang sepertinya tanggung jawab ada di AFAD (Otoritas Manajemen Bencana dan Darurat), tapi tidak siap menghadapi masalah kolosal seperti ini,” imbuh Mahruki.

Berbicara di Kahramanmaras, dekat episentrum gempa, Erdogan mengatakan: "Kami memiliki beberapa masalah di bandara dan jalan tetapi kami lebih baik hari ini."

“Saya mohon jangan memberi kesempatan kepada para provokator, selain pernyataan-pernyataan terutama dari AFAD. Karena hari ini saatnya bersatu,” ujarnya.

Erdogan tampaknya tidak melakukan konfrontasi langsung dengan penduduk setempat mana pun.

Seorang pejabat pemerintah, yang meminta namanya dirahasiakan, mengatakan upaya respons terhambat oleh jalan rusak, cuaca buruk, dan bandara tidak dapat digunakan karena rusak.

"Sepertinya kita seharusnya lebih siap," kata pejabat tersebut.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1722 seconds (0.1#10.140)