Soal Jet Tempur F-16 Buat Ukraina, PM dan Wamenhan Polandia Gak Kompak

Rabu, 01 Februari 2023 - 08:43 WIB
loading...
A A A
Dalam postingan di Telegram, kepala staf Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky, Andrey Yermak, mencatat bahwa pekerjaan sedang dilakukan untuk memperoleh pesawat tempur F-16. Ia menambahkan bahwa Kiev telah menerima sinyal positif dari Polandia.

Pada hari Sabtu, Politico melaporkan bahwa beberapa pejabat militer AS diam-diam telah mendorong Departemen Pertahanan untuk menyetujui pengiriman jet tempur F-16 ke Kiev. Menurut artikel tersebut, mengutip staf Pentagon yang tidak disebutkan namanya, upaya ini sekarang mendapatkan momentum setelah Washington memberikan lampu hijau untuk pengiriman tank Abrams ke Ukraina.

Namun ketika ditanya oleh wartawan apakah AS memiliki rencana seperti itu, Presiden Joe Biden dengan tegas menjawab tidak.



Sementara itu, Rusia telah berulang kali memperingatkan Barat agar tidak memasok senjata ke Ukraina, mengklaim bahwa ini hanya akan memperpanjang konflik. Pekan lalu, juru bicara Kremlin Dmitry Peskov berpendapat bahwa pengiriman senjata lanjutan adalah bukti lebih lanjut bahwa negara-negara Barat terlibat langsung dalam permusuhan antara Moskow dan Kiev.
(ian)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2038 seconds (0.1#10.140)