Soal Jet Tempur F-16 Buat Ukraina, PM dan Wamenhan Polandia Gak Kompak

Rabu, 01 Februari 2023 - 08:43 WIB
loading...
Soal Jet Tempur F-16 Buat Ukraina, PM dan Wamenhan Polandia Gak Kompak
Jet tempur F-16. Foto/AF.mil
A A A
WARSAWA - Wakil Menteri Pertahanan (Wamenhan) Polandia , Wojciech Skurkiewicz mengatakan, Warsawa tidak berencana untuk memasok Ukraina dengan jet tempur F-16 buatan Amerika Serikat (AS). Pernyataan itu dilontarkan Skurkiewicz merespons pernyataan legislator Polandia di Twitter.

“Jika Kementerian Pertahanan Nasional menyerahkan pesawat tempur F16 ke Ukraina alih-alih MiG-29 Rusia, itu berarti bahwa kami melucuti senjata,” cuit Pawel Krutul, seorang anggota parlemen dan wakil ketua Komite Pertahanan Nasional Parlemen Polandia.

Tweet itu pun mendapatkan tanggapan dari Skurkiewicz.



“Tidak ada topik penyerahan F-16 Polandia,” katanya seperti dikutip dari RT, Rabu (1/2/2023).

Pernyataan ini datang hanya sehari setelah Perdana Menteri Polandia Mateusz Morawiecki mengatakan Warsawa dapat menyumbangkan pesawat itu asalkan dilakukan sebagai bagian dari upaya bersama yang melibatkan negara-negara NATO lainnya.

Pada hari Selasa, Morawiecki mengklarifikasi kepada wartawan bahwa seperti yang terjadi beberapa bulan yang lalu dengan pesawat MiG-29, bantuan pesawat lainnya akan dikoordinasikan, dilaksanakan dan, mungkin, ditransfer bersama dengan negara anggota NATO lainnya.



Menurut media Polandia, Warsawa memiliki 48 jet tempur F-16.

Sementara Ukraina telah lama meminta kekuatan Barat untuk membantunya dengan jet tempur, pembicaraan tentang bantuan semacam itu telah meningkat dalam beberapa hari terakhir, setelah beberapa negara setuju untuk memasok tank ke Kiev.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1243 seconds (0.1#10.140)