7 Bantuan Senjata Militer untuk Ukraina, Ada Tank M1 Abrams dan Leopard 2

Jum'at, 27 Januari 2023 - 20:40 WIB
loading...
A A A
Hal tersebut akan diikuti juga oleh negara-negara lain yang ingin membantu Kiev. Selain Challenger 2, Ukraina juga mendapat bantuan tank lain dari Polandia dan beberapa negara berupa jenis T-72 rancangan Pakta Warsawa.



6. M1 Abrams
Tank M1 Abrams menjadi salah satu bantuan persenjataan militer terbaru yang akan diterima Ukraina. Mengutip laman Guardian, beberapa waktu yang lalu Joe Biden telah menyetujui pengiriman 31 tank Abrams ke Kiev.

Tank andalan Amerika Serikat ini dibekali mesin turbin 1.500 HP dan senjata utama 120mm. Dari sekian banyak kemampuannya, M1 Abrams diklaim memiliki daya tahan mumpuni, manuver yang berani, hingga fitur-fitur canggih di dalamnya.

7. Leopard 2
Leopard 2 juga menjadi bantuan terbaru yang segera diterima Ukraina. Setelah sempat ragu, pada akhirnya Berlin memutuskan untuk mengirim tank andalannya ini melawan Rusia.

Pertama kali diperkenalkan pada 1979, tank ini menawarkan kemampuan perlindungan terhadap peluru penembus baja serta senjata berpemandu anti-tank. Nantinya, pengiriman Leopard 2 diharapkan bisa membantu Kiev yang tengah perang melawan Rusia.

Selain sejumlah senjata militer di atas, sejatinya Ukraina masih memiliki sederet bantuan lain yang turut mendukung perlawanan mereka terhadap invasi Rusia. Di antaranya adalah sistem pertahanan udara S-300, Nlaw Anti-Tank, sistem anti-pesawat Stinger, Mi-17 helikopter, dan lain sebagainya.
(esn)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0995 seconds (0.1#10.140)