7 Bantuan Senjata Militer untuk Ukraina, Ada Tank M1 Abrams dan Leopard 2

Jum'at, 27 Januari 2023 - 20:40 WIB
loading...
7 Bantuan Senjata Militer untuk Ukraina, Ada Tank M1 Abrams dan Leopard 2
7 Bantuan Senjata Militer untuk Ukraina, Ada Tank M1 Abrams dan Leopard 2. FOTO/Reuters
A A A
JAKARTA - Ukraina telah banyak mendapat bantuan senjata militer dari berbagai negara sejak konfliknya dengan Rusia berkecamuk. Bantuan itu terutama diberikan oleh negara-negara Barat.

Hampir setahun pasca invasi Rusia ke Ukraina, saat ini Kiev tetap bisa bertahan. Dari sekian faktor, salah satu yang cukup berpengaruh adalah berbagai bantuan senjata yang diberikan negara-negara lain.

Seperti yang diketahui, negara-negara dunia tak hanya mendukung Ukraina dengan memberi sanksi kepada Rusia. Dalam hal ini, mereka juga turut memberikan bantuan berupa senjata militer. Berikut sejumlah senjata militer untuk Ukraina dari berbagai negara.



1. Stryker
Stryker merupakan salah satu kendaraan lapis baja asal Amerika Serikat. Mengutip laman New York Times, Jumat (27/1/2023), sekitar 90 Stryker akan turut dikirim ke Ukraina bersama sejumlah senjata lain sebagai bagian dari bantuan paket senjata senilai USD2,5 miliar.

Sebagai salah kendaraan lapis baja andalan AS, Stryker memiliki sekitar 18 varian yang berbeda. Beberapa di antaranya berfungsi untuk mengangkut tentara infanteri masuk dan keluar pertempuran, sementara yang lain bisa digunakan juga guna membawa senjata sejenis mortir 120mm.

Dalam sejarahnya, Stryker pertama kali terjun saat pertempuran di Irak tahun 2003. Dengan kecepatan yang diperkirakan bisa mencapai 60 mil per jam, kendaraan lapis baja ini diketahui lebih ringan dari Bradley.

2. Bradley
Berikutnya ada Bradley. Sama seperti Stryker, kendaraan lapis baja milik AS ini juga turut dikirim ke Ukraina. Mengutip laman Insider, kendaraan tempur ini mampu mengangkut pasukan di medan perang dan mendukung serangan melalui tembakan.

Pada sejarahnya, Bradley dikembangkan oleh BAE Systems dan sudah beroperasi sejak awal 1980-an. Kendaraan tempur ini memiliki jangkauan operasional hingga 300 mil dan punya kecepatan lebih dari 40 mil per jam.

Biasanya, Bradley kerap dianggap sebagai tank. Namun, para pakar militer dalam hal ini meluruskan bahwa kendaraan tempur ini lebih tepat disebut “penghancur tank” karena memiliki kemampuan menembak.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2011 seconds (0.1#10.140)