Rusia dan Pakistan Teken Kesepakatan Energi Besar

Minggu, 22 Januari 2023 - 06:01 WIB
loading...
A A A
Rusia dan Pakistan menandatangani perjanjian antar pemerintah tentang pembangunan pipa gas Utara-Selatan (Pakistan Stream) dari Karachi ke Lahore pada 2015.

Peluncuran proyek itu beberapa kali ditunda. Pipa sepanjang 1.100 km dengan kapasitas 12,3 miliar meter kubik gas per tahun akan menghubungkan terminal gas alam cair (LNG) di pelabuhan Karachi dan Gwadar di Pakistan selatan dengan pembangkit listrik dan konsumen gas industri di Lahore di utara negara itu.

Pipa itu akan mengangkut gas yang diregasifikasi dan pipa gas dari berbagai sumber, termasuk Iran dan Turkmenistan, menurut Shulginov.

“Pendekatan implementasi proyek-proyek tersebut harus komprehensif. Artinya tidak hanya pipa tetapi juga sumber gas untuk itu. Dan saat ini kami sedang membahas proyek tersebut baik dari segi pengangkutan gas hasil regasifikasi maupun gas pipa,” papar Shulginov.

Islamabad juga berusaha menegosiasikan kesepakatan jangka panjang dengan Rusia untuk impor LNG, karena saat ini tidak ada pemasok yang stabil untuk negara tersebut.

Pakistan telah berjuang dengan kekurangan energi akut, dan lonjakan harga minyak dan gas dunia telah memperburuk situasi.

Impor bahan bakar menjadi lima hingga sepuluh kali lebih mahal karena meningkatnya permintaan di Uni Eropa.
(sya)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1897 seconds (0.1#10.140)