Fobia Pemimpin Pemberani: Jenghis Khan Takut Anjing, Caesar Takut Petir

Sabtu, 31 Oktober 2020 - 16:20 WIB
Meskipun dia mengatakan bahwa "satu-satunya hal yang harus kita takuti adalah ketakutan itu sendiri," Franklin D. Roosevelt memiliki ketakutan pribadi yang kuat terhadap api. Ketakutan tersebut kemungkinan berasal dari pengalaman masa kecilnya.

Fobia ini semakin parah setelah dia kehilangan fungsi kakinya pada tahun 1920-an. Roosevelt takut tidak bisa bergerak di dalam gedung yang terbakar, dan tidak bisa melarikan diri. Selama masa kepresidenannya, ketakutannya terhadap api bahkan melebihi ketakutannya akan pembunuhan.

Dia menolak untuk mengunci pintu kamar presiden pada malam hari dan memaksa Secret Service untuk melakukan patroli reguler di lorong gedung setiap malamnya. Bahkan istrinya telah menugaskan arsitek untuk merancang saluran fire escape khusus untuknya.

Kim Jong-II (Takut naik pesawat)



Kim Jong il adalah pemimpin Korea Utara semenjak 1994 yang juga ayah dari pemimpin Korea Utara

saat ini Kim Jong-Un. Kim Jong-Il wafat pada 2011. Sebagai seorang pemimpin negara, tentu menjadi aktivitas biasa jikalau harus bepergian ke luar negeri. Begitu pula dengan Kim Jong-Il.

Bedanya, ketika bepergian ke luar negeri, ia tak mau memakai pesawat, namun hanya ingin memakai kereta yang sudah didesain khususi. Pemimpin Korea Utara ini takut untuk terbang, sama dengan ayahnya, Kim Il Sung. Hal itu dikarenakan ia tak percaya dengan beberapa maskapai penerbangan yang kerap mengalami kecelakaan. (Baca juga: Gocek Indonesia, Tesla Tergiur Rayuan Maut India)

Penyebab lainnya ialah Kim Jong-Il pernah mengalami kecelakaan helikopter pada 1976, mengakibatkan luka serius dan juga trauma psikologis padanya. Rasa takutnya akan terbang ini ternyata tak menurun ke anaknya, Kim Jong-Un yang tak bermasalah dengan bepergian dengan pesawat.

Muammar Gaddafi (Takut penerbangan panjang dan ketinggian)
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :