Iron Dome Sering Kebobolan, Rudal THAAD Resmi Dipasang di Israel

Senin, 21 Oktober 2024 - 14:37 WIB
Lembaga penyiaran publik Kan melaporkan Minggu malam bahwa baterai pertahanan rudal telah mulai beroperasi di Israel, mengutip dua sumber Israel, sementara media Al Arabiya milik Saudi mengutip sumber yang mengatakan bahwa tiga baterai berfungsi.

Sekitar 100 tentara AS diperkirakan akan dikerahkan untuk mengoperasikan sistem tersebut, yang dianggap sebagai sistem pelengkap sistem Patriot tetapi dapat mempertahankan wilayah yang lebih luas, yang mampu mengenai target pada jarak 150-200 kilometer (93-124 mil).

Pentagon mengatakan Selasa lalu bahwa tim pendahulu personel militer AS dan komponen awal yang diperlukan untuk mengoperasikan sistem tersebut telah tiba di Israel sehari sebelumnya.

Juru bicara Pentagon Pat Ryder mengatakan pada saat itu bahwa personel militer AS tambahan dan komponen baterai THAAD akan terus tiba di Israel selama beberapa hari mendatang.

Ryder menambahkan bahwa baterai pertahanan udara akan beroperasi penuh dan mampu dalam waktu dekat, tetapi jadwal pastinya tidak akan diumumkan karena masalah keamanan.

"Penempatan baterai THAAD ke Israel menggarisbawahi komitmen Amerika Serikat untuk membela Israel dan membela warga Amerika di Israel dari serangan rudal balistik apa pun oleh Iran," kata Ryder minggu lalu.



Iran telah bersiap untuk pembalasan setelah serangannya pada 1 Oktober terhadap Israel yang mencakup penembakan sekitar 200 rudal balistik — yang dikatakannya sebagai tanggapan atas serangan Israel di Lebanon bulan lalu yang menewaskan pimpinan tertinggi kelompok teror Hizbullah, seorang proksi Iran, dan ledakan pada bulan Juli di Teheran yang menewaskan kepala politbiro Hamas, Ismail Haniyeh.

Pengerahan sistem AS di Israel, termasuk personel AS di lapangan, memperdalam keterlibatan Amerika Serikat dalam konflik tersebut setelah setahun negara itu sebagian besar menawarkan dukungan dari luar perbatasan negara itu.

Kapal dan pesawat tempur AS telah membantu mempertahankan Israel dari serangan Iran, tetapi pengerahan baterai tersebut menempatkan pasukan AS — dan juga sistem itu sendiri — di lapangan di Israel dan secara langsung berada dalam bahaya.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More