Iron Dome Sering Kebobolan, Rudal THAAD Resmi Dipasang di Israel

Senin, 21 Oktober 2024 - 14:37 WIB
Israel resmi memasang rudal THAAD dikarenakan Iron Dome sering kebobolan., Foto/US Army Europe
TEL AVIV - Menteri Pertahanan Amerika Serikat (AS) mengatakan militer telah segera mengirimkan sistem antirudal canggihnya ke Israel dan sekarang "berada di tempatnya."

THAAD, atau sistem Terminal High Altitude Area Defense, merupakan bagian penting dari sistem pertahanan udara berlapis militer AS dan melengkapi pertahanan antirudal Israel yang sudah tangguh.

"Sistem THAAD sudah terpasang," kata Austin, berbicara kepada wartawan sebelum ia tiba di Ukraina pada hari Senin, dilansir Times of Israel.



Ia menolak mengatakan apakah sistem itu sudah beroperasi, tetapi menambahkan: "Kami memiliki kemampuan untuk mengoperasikannya dengan sangat cepat dan kami sesuai dengan harapan kami."

Baterai pertahanan rudal itu dikirim oleh militer AS untuk melindungi Israel jika terjadi reaksi Iran terhadap serangan balasan Israel yang diperkirakan menyusul Teheran yang menembakkan 200 rudal balistik ke Israel awal bulan ini.

Austin mengatakan kepada wartawan pada hari Senin bahwa "sulit untuk mengatakan dengan tepat seperti apa serangan [Israel] itu nantinya."

"Pada akhirnya, itu adalah keputusan Israel, dan terlepas dari apakah Israel menganggapnya proporsional atau tidak dan bagaimana Iran memandangnya, maksud saya itu mungkin dua hal yang berbeda," tambah Austin.

"Kami akan melakukan — terus melakukan — semua yang kami bisa… untuk meredakan ketegangan dan mudah-mudahan membuat kedua pihak mulai meredakan ketegangan. Jadi, kita lihat saja apa yang terjadi," tambahnya.

Komentar Austin muncul sehari setelah dua laporan mengindikasikan bahwa sistem THAAD sudah beroperasi di Israel.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More