Persidangan Korupsi Terbesar dalam 4 Dekade di Singapura Segera Digelar

Senin, 23 September 2024 - 15:42 WIB
Ada keresahan publik pada bulan Juli ketika terungkap bahwa Iswaran telah ditangkap dan dibebaskan sebagai bagian dari penyelidikan yang sedang berlangsung oleh CPIB – sesuatu yang tidak disebutkan oleh lembaga tersebut ketika pertama kali mengumumkan bahwa mantan menteri tersebut membantu penyelidikan.

Namun Tan mencatat bahwa kasus tersebut telah "bertahan" selama berbulan-bulan. "Warga Singapura telah beralih ke 'berita lain'. Mereka lebih peduli dengan kepentingan langsung mereka, seperti ekonomi, bisnis, dan biaya hidup."

Sentimen publik terhadap PAP sebagian besar tetap positif. Sebuah survei yang dilakukan bulan lalu oleh perusahaan riset pasar Blackbox, setelah Wong menyampaikan pidato politik utama, menunjukkan bahwa PAP menikmati peringkat positif di antara lebih dari separuh responden. Blackbox menambahkan bahwa PAP berada dalam "posisi yang wajar".

Analis mengatakan kepada Al Jazeera bahwa persidangan Iswaran tidak mungkin memengaruhi Wong, mengingat bahwa ia dapat dianggap sebagai "sisa" kepemimpinan Lee. Survei Blackbox juga menunjukkan lebih dari separuh responden menilai kinerja perdana menteri baru sejauh ini sebagai "baik", sementara 17 persen menilai "sangat baik".

"Saya tidak memperkirakan kasus ini akan berdampak besar pada masa jabatan perdana menteri Lawrence Wong," kata Tan. "Meskipun demikian, mungkin masih ada beberapa efek samping, seperti apakah kasus ini merupakan cerminan dari generasi baru kepemimpinan 4G [istilah Singapura untuk generasi baru pemimpin politiknya] dan kegagalan lembaga pemerintah."
(ahm)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More