Persidangan Korupsi Terbesar dalam 4 Dekade di Singapura Segera Digelar

Senin, 23 September 2024 - 15:42 WIB
Sebagian besar dakwaan yang dihadapi Iswaran didasarkan pada ketentuan yang jarang digunakan dalam Kitab Undang-Undang Hukum Pidana yang telah menjadi bagian dari undang-undang pidana negara-kota tersebut sejak tahun 1871, menurut surat kabar Straits Times. Ketentuan tersebut menjadikan pelanggaran bagi pegawai negeri untuk menerima atau memperoleh sesuatu yang berharga, secara cuma-cuma atau dengan pembayaran yang tidak memadai, dari siapa pun yang terlibat dengannya dalam kapasitas resmi.

Tim hukum Iswaran dipimpin oleh mantan anggota parlemen PAP Davinder Singh, seorang penasihat senior yang sering mewakili Lee, serta mendiang ayahnya Lee Kuan Yew. Di antara 56 saksi penuntut adalah istri Iswaran. Bagian pertama persidangan akan berlanjut hingga 27 September.

Ong Beng Seng dan S Iswaran serta dua pejabat lainnya menggunakan sekop berwarna emas untuk merintis pembangunan gedung pit F1. Ong dan Iswaran berada di sebelah kiri foto sambil tertawa.

Di negara yang hanya pernah mengenal satu partai yang berkuasa, jajak pendapat secara konsisten menunjukkan tingkat kepercayaan yang tinggi terhadap pemerintah. Namun, kisah Iswaran muncul beberapa bulan setelah mantan Ketua Parlemen Tan Chuan Jin – seorang pria yang pernah digadang-gadang sebagai calon perdana menteri masa depan – mengundurkan diri pada Juli 2023 setelah mengakui perselingkuhannya dengan sesama anggota parlemen. Anggota parlemen tersebut juga mengundurkan diri.

Sidang pengadilan tersebut juga berlangsung hampir lima bulan setelah masa jabatan Perdana Menteri baru Lawrence Wong, dan dengan pemilihan umum yang akan diselenggarakan pada November 2025. “Sidang pengadilan Iswaran harus menjadi faktor penting dalam pikiran Wong saat ia memutuskan kapan akan pergi ke tempat pemungutan suara,” kata profesor asosiasi Michael Barr dari Universitas Flinders di Adelaide, Australia kepada Al Jazeera.

“Mereka lebih suka sidang pengadilan itu dilakukan di masa depan atau jauh di masa lalu, sehingga tidak perlu diperhatikan dan diingat.”

Sementara pengamat politik independen Felix Tan menganggap kasus tersebut sebagai “titik kecil” dalam rekam jejak pemerintahan yang baik di Singapura, ia memperingatkan bahwa ada juga risiko bagi partai yang berkuasa.

“Tantangan utama bagi pemerintahan PAP terletak pada menjaga kepercayaan publik,” kata Tan. “Ada kekhawatiran mengenai sifat dan luasnya informasi sensitif yang mungkin diungkapkan oleh Tn. Iswaran selama proses persidangan.”

Menurut Biro Investigasi Praktik Korupsi (CPIB) – sama seperti Transparency International – korupsi adalah “menerima, meminta, atau memberikan gratifikasi apa pun untuk mendorong seseorang melakukan suatu kebaikan dengan maksud korup”.

Ini adalah penyelidikan korupsi pertama yang melibatkan seorang menteri sejak 1986, ketika mantan Menteri Pembangunan Nasional Teh Cheang Wan dituduh menerima suap sebesar 1 juta dolar Singapura (USD775.000). Teh bunuh diri sebelum penyelidikan dapat diselesaikan.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More