Apa yang Diinginkan PM Netanyahu dan Yahya Sinwar pada Perang Gaza?

Kamis, 29 Agustus 2024 - 10:45 WIB
Itu juga akan mempercepat perhitungan yang lebih luas atas kegagalan keamanan seputar serangan 7 Oktober di mana militan yang dipimpin Hamas menewaskan sekitar 1.200 orang di Israel selatan, sebagian besar warga sipil, dan menculik sekitar 250 orang lainnya — di bawah pengawasan Netanyahu. Netanyahu telah menolak seruan untuk penyelidikan pemerintah sampai perang berakhir.

Semakin lama perang berlangsung, semakin besar kemungkinan Israel akan mencapai sesuatu yang tampak seperti kemenangan — pembunuhan Sinwar, penyelamatan lebih banyak sandera — dan semakin lama Netanyahu harus memperbaiki kedudukan politiknya dan membentuk kembali warisannya. Namun, hal itu juga disertai risiko karena jumlah tentara yang tewas dalam pertempuran meningkat hampir setiap hari dan Israel menjadi semakin terisolasi karena penderitaan yang ditimbulkannya pada warga Palestina.

Netanyahu telah berselisih dengan menteri pertahanannya sendiri mengenai tujuan akhir. Media Israel dipenuhi dengan laporan yang mengutip pejabat keamanan senior yang tidak disebutkan namanya yang mengungkapkan rasa frustrasi terhadap Netanyahu, terutama tuntutannya untuk kendali yang langgeng atas dua koridor strategis di Gaza. Beberapa pihak bahkan menuduhnya menyabotase perundingan.

Baik Israel maupun Hamas mengatakan bahwa mereka telah menerima versi yang berbeda dari usulan gencatan senjata yang didukung AS yang terus berkembang pada prinsipnya, sambil menyarankan perubahan dan menuduh pihak lain mengajukan tuntutan yang tidak dapat diterima.

Yohanan Plesner, kepala Israel Democracy Institute, sebuah lembaga pemikir lokal, mengakui kemarahan yang ditujukan kepada Netanyahu di media lokal dan di antara segmen masyarakat Israel, tetapi mengatakan Sinwar menanggung sebagian besar kesalahan atas kebuntuan tersebut karena ia tidak menunjukkan minat untuk berkompromi.

"Jika kita melihat Sinwar serius ingin mencapai kesepakatan, itu akan memaksa Israel dan Netanyahu untuk mengungkap kartu mereka," kata Plesner. Situasi saat ini "hampir seperti bernegosiasi dengan diri sendiri."

2. Apa yang Diinginkan Sinwar?



Foto/AP

Sinwar ingin mengakhiri perang — tetapi hanya dengan persyaratannya sendiri.

Melansir AP, serangan Israel telah menewaskan lebih dari 40.000 orang, menurut pejabat kesehatan setempat, membuat 90% penduduk Gaza mengungsi dan menghancurkan kota-kota utamanya. Hamas telah kehilangan ribuan pejuang dan sebagian besar infrastruktur militannya.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More