Apa yang Diinginkan PM Netanyahu dan Yahya Sinwar pada Perang Gaza?

Kamis, 29 Agustus 2024 - 10:45 WIB
PM Israel Benjamin Netanyahu dan pemimpin Hamas Yahya Sinwar menjadi penentu kapan berakhirnya perang Gaza. Foto/AP
GAZA - Serangkaian pembicaraan gencatan senjata Gaza terbaru mengaburkan kebenaran suram tentang upaya selama berbulan-bulan untuk mengakhiri perang Israel-Hamas dan membebaskan banyak sandera.

Setiap kesepakatan memerlukan tanda tangan dari dua orang: Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu dan pemimpin Hamas Yahya Sinwar.

Padahal, mereka adalah musuh bebuyutan, negosiator yang terkenal tangguh, dan tahu bahwa hasil pembicaraan akan sangat membentuk warisan mereka. Dalam kasus Sinwar, itu bisa berarti hidup atau mati.



Keduanya memiliki insentif yang kuat untuk mengakhiri perang. Namun, mereka mungkin juga berpikir bahwa mereka akan mendapatkan keuntungan dengan bertahan sedikit lebih lama, dan bahwa perang lebih baik daripada kesepakatan yang tidak memenuhi tuntutan mereka.

Apa yang Diinginkan PM Netanyahu dan Yahya Sinwar pada Perang Gaza?

1. Apa yang diinginkan Netanyahu?



Foto/AP

Melansir AP, Netanyahu telah menjanjikan "kemenangan total" atas Hamas dan pengembalian semua sandera yang ditawan di Gaza — tujuan yang menurut banyak orang tidak sejalan.

Ia mendapat tekanan luar biasa dari keluarga para sandera dan sebagian besar masyarakat Israel untuk membuat kesepakatan untuk membawa mereka pulang, bahkan jika itu membuat Hamas yang babak belur tetap utuh. Amerika Serikat, yang telah memberikan bantuan militer utama dan dukungan diplomatik kepada Israel, juga mendorong kesepakatan semacam itu.

Namun, koalisi pemerintahan Netanyahu bergantung pada menteri sayap kanan yang ingin menduduki kembali Gaza secara permanen dan telah mengancam akan menjatuhkan pemerintah jika ia terlalu banyak mengalah. Itu akan memaksa pemilihan umum lebih awal yang dapat menggulingkannya dari kekuasaan pada saat ia diadili atas tuduhan korupsi.

Itu juga akan mempercepat perhitungan yang lebih luas atas kegagalan keamanan seputar serangan 7 Oktober di mana militan yang dipimpin Hamas menewaskan sekitar 1.200 orang di Israel selatan, sebagian besar warga sipil, dan menculik sekitar 250 orang lainnya — di bawah pengawasan Netanyahu. Netanyahu telah menolak seruan untuk penyelidikan pemerintah sampai perang berakhir.

Semakin lama perang berlangsung, semakin besar kemungkinan Israel akan mencapai sesuatu yang tampak seperti kemenangan — pembunuhan Sinwar, penyelamatan lebih banyak sandera — dan semakin lama Netanyahu harus memperbaiki kedudukan politiknya dan membentuk kembali warisannya. Namun, hal itu juga disertai risiko karena jumlah tentara yang tewas dalam pertempuran meningkat hampir setiap hari dan Israel menjadi semakin terisolasi karena penderitaan yang ditimbulkannya pada warga Palestina.

Netanyahu telah berselisih dengan menteri pertahanannya sendiri mengenai tujuan akhir. Media Israel dipenuhi dengan laporan yang mengutip pejabat keamanan senior yang tidak disebutkan namanya yang mengungkapkan rasa frustrasi terhadap Netanyahu, terutama tuntutannya untuk kendali yang langgeng atas dua koridor strategis di Gaza. Beberapa pihak bahkan menuduhnya menyabotase perundingan.

Baik Israel maupun Hamas mengatakan bahwa mereka telah menerima versi yang berbeda dari usulan gencatan senjata yang didukung AS yang terus berkembang pada prinsipnya, sambil menyarankan perubahan dan menuduh pihak lain mengajukan tuntutan yang tidak dapat diterima.

Yohanan Plesner, kepala Israel Democracy Institute, sebuah lembaga pemikir lokal, mengakui kemarahan yang ditujukan kepada Netanyahu di media lokal dan di antara segmen masyarakat Israel, tetapi mengatakan Sinwar menanggung sebagian besar kesalahan atas kebuntuan tersebut karena ia tidak menunjukkan minat untuk berkompromi.

"Jika kita melihat Sinwar serius ingin mencapai kesepakatan, itu akan memaksa Israel dan Netanyahu untuk mengungkap kartu mereka," kata Plesner. Situasi saat ini "hampir seperti bernegosiasi dengan diri sendiri."

2. Apa yang Diinginkan Sinwar?



Foto/AP

Sinwar ingin mengakhiri perang — tetapi hanya dengan persyaratannya sendiri.

Melansir AP, serangan Israel telah menewaskan lebih dari 40.000 orang, menurut pejabat kesehatan setempat, membuat 90% penduduk Gaza mengungsi dan menghancurkan kota-kota utamanya. Hamas telah kehilangan ribuan pejuang dan sebagian besar infrastruktur militannya.

Satu-satunya alat tawar-menawar Sinwar adalah sekitar 110 sandera yang masih ditahan di Gaza, sekitar sepertiganya diyakini telah tewas. Dan ia membutuhkan lebih dari sekadar jeda sementara dalam pertempuran jika ia berharap untuk menyelamatkan sesuatu yang menyerupai kemenangan dari serangan 7 Oktober yang ia bantu dalangi.

Itu dimulai dengan jaminan bahwa Israel tidak akan melanjutkan perang setelah sebagian atau semua sandera dibebaskan. Ia juga membutuhkan Israel untuk menarik diri dari seluruh Gaza untuk memastikan bahwa dampak yang bertahan lama dari serangan 7 Oktober bukanlah pendudukan kembali wilayah tersebut secara permanen.

Pembebasan tahanan Palestina yang terkenal sebagai bagian dari kesepakatan adalah tujuan suci bagi Sinwar, yang dirinya sendiri adalah tahanan lama yang dibebaskan dalam sebuah pertukaran. Dan ia membutuhkan jaminan bahwa warga Palestina akan dapat kembali ke rumah mereka dan membangunnya kembali.

"Baik dalam hal gencatan senjata atau pertukaran tahanan, karena dalam kedua kasus tersebut, Sinwar akan muncul sebagai pemenang," kata Nabih Awada, seorang analis politik Lebanon dan mantan militan yang menghabiskan waktu bertahun-tahun di penjara Israel bersama Sinwar.

Ada risiko bagi Sinwar dalam memperpanjang perundingan: Lebih banyak sandera kemungkinan akan tewas atau diselamatkan saat perang terus berlanjut. Kematian, kehancuran, dan kesulitan di Gaza akan terus berlanjut, dan dapat memicu ketidakpuasan Palestina terhadap Hamas, dengan implikasi politik di kemudian hari.

Sinwar sendiri, yang berada di puncak daftar orang paling dicari Israel, dapat dibunuh kapan saja. Namun mengingat sentralitas kemartiran dalam sejarah dan ideologi Hamas, ia mungkin merasa bahwa hasilnya tidak dapat dihindari — dan lebih baik daripada kesepakatan yang tampak seperti kekalahan.



3. Dapatkah Tekanan Eksternal Membantu?



Foto/AP

Mesir dan Qatar telah menjadi mediator utama dengan Hamas, tetapi pengaruh mereka terbatas.

Tekanan apa pun yang diberikan kepada pimpinan Hamas yang diasingkan kemungkinan tidak akan berdampak banyak pada Sinwar, yang diangkat sebagai pimpinan Hamas setelah pembunuhan Ismail Haniyeh di Iran. Sinwar diyakini telah menghabiskan sebagian besar dari 10 bulan terakhir tinggal di terowongan di bawah Gaza, dan tidak jelas seberapa banyak kontak yang dimilikinya dengan dunia luar.

Amerika Serikat telah memberikan dukungan militer yang penting bagi Israel selama konflik dan telah melindunginya dari seruan internasional untuk gencatan senjata. Awal tahun ini, Presiden Joe Biden menghentikan pengiriman ratusan bom seberat 2.000 pon (900 kilogram) untuk menekan Israel agar tidak menyerbu kota Rafah di selatan — yang tetap dilakukannya.

Politik pemilihan umum AS juga dapat melemahkan tekanan Amerika. Biden tidak menunjukkan kecenderungan untuk menekan Netanyahu, dan Wakil Presiden Kamala Harris tidak menawarkan perubahan kebijakan yang konkret. Donald Trump telah mendesak Israel untuk menyelesaikan serangannya tetapi kemungkinan akan lebih akomodatif kepada Netanyahu, seperti yang dilakukannya selama masa jabatan kepresidenannya.

Embargo senjata AS bahkan lebih kecil kemungkinannya terjadi ketika Israel menghadapi serangan balasan potensial dari Iran atas pembunuhan Haniyeh. Sebaliknya, Amerika Serikat telah mengerahkan aset militer ke wilayah tersebut, sehingga mengurangi tekanan terhadap Israel.

Sinwar mungkin berharap bahwa pembunuhan yang ditargetkan terhadap Haniyeh dan seorang komandan tinggi Hizbullah bulan lalu akan memperluas perang. Namun, hal itu tampaknya kurang mungkin, karena baik Israel maupun Hizbullah mengerem setelah baku tembak hebat selama akhir pekan.

Pembicaraan gencatan senjata terus berlanjut, diselingi dengan momen optimisme yang singkat.

Para mediator telah menghabiskan beberapa minggu terakhir untuk mencoba menyusun proposal penghubung dengan Netanyahu, tetapi masih dalam proses. Proposal tersebut belum diserahkan kepada Sinwar.
(ahm)
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More