5 Negara Ini Tak Punya Tentara, Bagaimana Cara Mereka Menjaga Keamanan?

Rabu, 14 Agustus 2024 - 13:01 WIB
Militer akan memainkan peran utama dalam pemerintahan Panama sepanjang tahun 1980-an, ketika Jenderal Manuel Noriega berkuasa.

AS awalnya mendukung Noriega, tetapi ketika korupsi, perdagangan narkoba, dan manipulasi pemilu menyebar luas di Panama, ketegangan antara kedua negara meningkat.

Pada tahun 1989, AS menginvasi Panama, menyingkirkan Noriega dari kekuasaan dan menyelenggarakan pemilihan umum yang demokratis.

Berkat ketidakpercayaan yang mendalam dari warga Panama terhadap militer, pemerintah mengadopsi amandemen konstitusional yang membubarkan militer pada tahun 1994.

Meskipun hubungan telah jauh lebih baik, Panama menolak mengizinkan AS mendirikan pangkalan militer untuk memerangi perdagangan narkoba di dalam perbatasannya.

Lagi pula, jika Anda tidak memercayai tentara Anda sendiri, Anda mungkin tidak akan memercayai tentara negara lain.

Ketika nama negara Anda sendiri berteriak "Saya kecil!", mungkin lebih baik menyerahkan pertahanan Anda kepada sekutu yang jauh lebih besar, yang persis seperti yang diputuskan oleh negara berikutnya dalam daftar kami.

5. Negara Federasi Mikronesia



Menjelang Perang Dunia II, Negara Federasi Mikronesia berada di bawah kendali Jepang, yang menjelaskan mengapa Mikronesia menjadi lokasi beberapa pertempuran paling menakutkan yang pernah terjadi di Pasifik Selatan.

Faktanya, begitu banyak kendaraan militer Jepang dan Amerika berserakan di dasar laut di sekitar kumpulan pulau tersebut sehingga minyak yang terkandung di dalamnya menimbulkan masalah lingkungan.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More