5 Negara Ini Tak Punya Tentara, Bagaimana Cara Mereka Menjaga Keamanan?

Rabu, 14 Agustus 2024 - 13:01 WIB

1. Haiti



Haiti memiliki keistimewaan yang tidak menguntungkan sebagai negara termiskin di belahan bumi Barat, status yang dipegangnya jauh sebelum gempa bumi berkekuatan 7,0 skala Richter menghancurkan negara itu pada Januari 2010, menurut data Bank Dunia.

Meskipun alasan di balik kemiskinan negara itu rumit dan beragam, sejarah kekacauan politik Haiti tentu saja berperan dalam kesulitannya saat ini, dan kekacauan itu sering kali melibatkan militer.

Misalnya, kurang dari setahun setelah Jean-Bertrand Aristide terpilih sebagai presiden pada tanggal 16 Desember 1990, pemerintahannya dikuasai oleh kudeta militer.

Haiti bertahan di bawah pemerintahan militer sementara hingga tahun 1994, ketika Perserikatan Bangsa-Bangsa turun tangan dan dengan paksa menggulingkan kepemimpinan Haiti.

Setelah Aristide diangkat kembali sebagai presiden, ia bergerak cepat untuk membubarkan angkatan bersenjata Haiti sebelum mereka dapat menimbulkan masalah lebih lanjut.

Saat ini, Haiti sangat bergantung pada pasukan PBB untuk keamanan, meskipun pada tahun 2011, Presiden Michel Martelly mengumumkan niatnya membangun militer baru untuk menggantikan pasukan PBB.

Tidak seperti Haiti, negara berikutnya dalam daftar kami tidak memiliki rencana mengembalikan tentaranya, dan berkat kepolisiannya, negara itu mungkin tidak perlu melakukannya.

2. Kosta Rika



Pura vida. Jika diterjemahkan secara harfiah, artinya "hidup murni," tetapi bagi orang Kosta Rika, kedua kata itu memiliki makna yang jauh lebih dalam, meliputi gaya hidup yang kaya, santai, dan berfokus pada masyarakat yang meliputi negara Amerika Tengah itu.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More