Sepak Terjang Sheikh Hasina Wazed, dari Muslimah yang Suka Bertempur hingga Berstatus Diktator

Senin, 05 Agustus 2024 - 18:55 WIB
Pengamat mengatakan persaingan sengit mereka telah mengakibatkan bom bus, penghilangan paksa, dan pembunuhan di luar hukum menjadi kejadian yang biasa.

Hasina akhirnya kembali berkuasa pada tahun 2009 dalam pemilihan umum yang diadakan di bawah pemerintahan sementara.

Sebagai penyintas politik sejati, ia mengalami banyak penangkapan saat beroposisi serta beberapa upaya pembunuhan, termasuk satu pada tahun 2004 yang merusak pendengarannya. Ia juga selamat dari upaya untuk memaksanya mengasingkan diri dan banyak kasus pengadilan di mana ia dituduh melakukan korupsi.

Didorong oleh gerakan pro-demokrasi pada tahun 1980-an dan awal 1990-an, Hasina menjadi ikon nasional.



4. Mampu Meningkatkan Ekonomi Bangladesh



Foto/EPA

Bangladesh di bawah Hasina menyajikan gambaran yang kontras. Negara berpenduduk mayoritas Muslim ini, yang dulunya merupakan salah satu negara termiskin di dunia, telah mencapai keberhasilan ekonomi yang kredibel di bawah kepemimpinannya sejak 2009.

Sekarang, negara ini menjadi salah satu negara dengan pertumbuhan ekonomi tercepat di kawasan tersebut, bahkan melampaui negara tetangganya, India.

Pendapatan per kapitanya meningkat tiga kali lipat dalam dekade terakhir dan Bank Dunia memperkirakan bahwa lebih dari 25 juta orang telah terangkat dari kemiskinan dalam 20 tahun terakhir.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More