5 Proksi Iran yang akan Membantai Israel Setelah Kematian Haniyeh

Senin, 05 Agustus 2024 - 16:30 WIB
Dengan dukungan Iran, Kataib Hezbollah melakukan serangan paling canggih dan efektif terhadap pasukan AS dan sekutu koalisi di Irak dari tahun 2007 hingga 2011 dan 2018 hingga 2020.

Pada tanggal 27 Desember 2019, mereka melancarkan serangan roket ke pangkalan militer K1 dekat Kirkuk yang membunuh seorang kontraktor sipil AS dan melukai empat anggota militer AS dan dua personel pasukan keamanan Irak.

3. Houthi Yaman



Ansar Allah atau Houthi adalah gerakan Syiah Zaydi yang didirikan pada awal tahun 1990-an dan telah melawan pemerintah Yaman sejak tahun 2004.

Pada saat itu, Houthi yang dibantu Iran dan Hizbullah berhasil menggulingkan pemerintahan Presiden Abed Rabbo Mansour Hadi pada tahun 2015.

Sejak saat itu golongan Syiah mulai menyebar luas di Yaman, ketimbang Sunni. Pemerintahan Trump dilaporkan mempertimbangkan menetapkan Houthi sebagai Organisasi Teroris Asing pada bulan November 2018 dan pada bulan September 2020 untuk meningkatkan tekanan terhadap Iran.

Pada saat perang Hamas dan Israel pecah di akhir 2023, Houthi jadi proksi Iran yang paling gencar melakukan serangan ke Israel.

Serangan yang mereka lakukan dimulai dari membajak sejumlah kapal Israel yang melintasi Laut Merah.

4. Hamas



Hamas menjadi salah satu milisi Sunni yang menjadi proksi Iran. Mereka dilaporkan didanai, dipersenjatai dan dilatih oleh Garda Revolusi Iran sejak awal tahun 1990-an.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More