5 Proksi Iran yang akan Membantai Israel Setelah Kematian Haniyeh

Senin, 05 Agustus 2024 - 16:30 WIB
Seorang anak laki-laki membawa senapan mesin mainan, selama protes terhadap pembunuhan Pemimpin Hamas Ismail Haniyeh di Iran, di Beirut, Lebanon, 2 Agustus 2024. Foto/EPA-EFE/WAEL HAMZEH
BEIRUT - Proksi Iran yang tersebar di wilayah Timur Tengah kemungkinan akan mulai bersiap untuk menyerbu Israel, jika terbukti menjadi otak di balik pembunuhan Pemimpin Hamas Ismail Haniyeh.

Hingga saat ini memang tidak ada pihak yang lebih menginginkan nyawa Haniyeh selain Israel. Tak heran jika pihak Hamas langsung menuding Tel Aviv adalah dalang di balik pembunuhan pemimpin mereka.

Bukan hanya Hamas, salah satu proksi Iran di Lebanon Hizbullah juga menuduh Israel sebagai pembunuh Haniyeh. Namun hingga saat ini pihak Iran masih melakukan penyelidikan.



Selama ini, proksi Iran memang telah banyak melakukan serangan ke Israel sebagai bentuk bantuannya terhadap Hamas dan Rakyat Palestina.

Jika nantinya ditemukan pelaku pembunuhan Haniyeh, maka para proksi ini kemungkinan langsung bergerak menyerang.

Sejak revolusi tahun 1979, Iran telah membangun jaringan proksi di seluruh Timur Tengah. Pada tahun 2022, Teheran memiliki sekutu di antara lebih dari selusin milisi besar, beberapa di antaranya memiliki partai politik sendiri, yang menentang pemerintah lokal dan negara tetangga.

5 Proksi Iran yang akan Membantai Israel

1. Hizbullah Lebanon



Hizbullah adalah gerakan Syiah yang merupakan proksi pertama Iran di Timur Tengah. Lebanon mempunyai milisi yang didirikan pada awal tahun 1980an, dengan dukungan militer dan keuangan dari Garda Revolusi Iran.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More