Apa Dampak Pembunuhan Pemimpin Hamas Ismail Haniyeh bagi Israel?

Sabtu, 03 Agustus 2024 - 11:45 WIB
“Haniyeh tidak dianggap sebagai garis keras. Dia adalah orang yang mempersatukan dan dia siap berkompromi. Sekarang dengan ketidakhadirannya, (Israel) mungkin perlu berurusan dengan orang garis keras dari (petinggi) Hamas,” ungkap dia kepada Al Jazeera.

“Jika Israel dan AS cerdas, maka mereka akan mengambil citra kemenangan yang mereka cari untuk keluar dari Gaza,” papar dia.

3. Israel Merasa Hebat dan Bebas Bertindak



Serangan yang dipimpin Hamas pada 7 Oktober dipandang oleh orang Israel dan pakar keamanan sebagai kegagalan besar intelijen Israel.

Namun pembunuhan Haniyeh telah membantu memulihkan kepercayaan banyak orang Israel pada aparat keamanan dan intelijen mereka, menurut Ori Goldberg, komentator dan analis Israel.

“Serangan ini memberi kehidupan baru pada jajaran tinggi tentara Israel. Mereka berkata, ‘Hei, kita masih bisa melakukan banyak hal dan kita tidak setidak kompeten yang terlihat’,” ujar Goldberg kepada Al Jazeera.

“Namun pembunuhan Haniyeh di Teheran merupakan pukulan besar bagi harga diri Iran dan bukan sesuatu yang bisa diabaikan,” tegas dia.

Imad Salamey, ilmuwan politik dan sarjana di Universitas Amerika Lebanon, meyakini Iran dan "proksinya" yang merujuk pada kelompok bersenjata yang bersekutu dengan Iran akan merasa terdorong untuk menanggapi, menggemakan pandangan beberapa analis lainnya.

"(Serangan Israel) dapat memicu pembalasan terkoordinasi oleh proksi Iran di Lebanon, Yaman, dan Irak, dengan menggunakan senjata yang lebih canggih dan mematikan," papar dia.

"Namun, Iran kemungkinan akan mendukung konflik dengan intensitas rendah, yang bertujuan menyeret Israel ke dalam perang atrisi yang berkepanjangan dan mahal."
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More