6 Keuntungan Vietnam dengan Kunjungan Putin, dari Senjata hingga Meningkatkan Kekuatan Geopolitik

Senin, 24 Juni 2024 - 21:55 WIB
Mungkin salah satu alasan kunjungan Putin adalah karena pemerintah Vietnam menginginkan jaminan dari Moskow “bahwa mereka tidak akan mengkompromikan kepentingan Vietnam sebagai imbalan atas dukungan Tiongkok, seiring dengan semakin dekatnya hubungan Rusia dengan Tiongkok setelah invasi ke Ukraina,” Nguyen Khac Giang, yang juga merupakan salah satu rekan di ISEAS-Yusof Ishak Institute, kepada DW.

Sejak invasi besar-besaran ke Ukraina pada Februari 2022, Rusia menjadi jauh lebih bergantung secara ekonomi dan geostrategis pada Tiongkok. Memang sudah lama ada dugaan bahwa Beijing telah menekan Rusia untuk tidak menjual rudal BrahMos ke Vietnam.

Kini terdapat kekhawatiran bahwa hilangnya dukungan Rusia akan membuat Vietnam mempunyai pilihan strategis yang lebih sedikit.

6. Memanfaatkan Kekuatan Geopolitik



Foto/AP

Negara-negara Barat mungkin tidak terlalu bersemangat untuk mengambil tindakan dan secara terbuka menekan Vietnam seiring dengan semakin besarnya pengaruh geopolitik Vietnam di Asia. Namun, mereka bisa menggunakan hubungan ekonomi untuk mencoba menjauhkan Hanoi dari Moskow.

Perdagangan Vietnam dengan Rusia sangat minim, yaitu sekitar USD3,63 miliar pada tahun lalu, sangat kontras jika dibandingkan dengan hubungan dagang Vietnam dengan Amerika Serikat dan Uni Eropa, yang masing-masing bernilai USD124 miliar dan USD63 miliar.

Sebelum kedatangan Putin, juru bicara Kedutaan Besar AS di Hanoi mengatakan kepada kantor berita Reuters bahwa "tidak ada negara yang boleh memberikan platform kepada Putin untuk mempromosikan perang agresinya dan membiarkannya menormalkan kekejamannya."
(ahm)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More