6 Keuntungan Vietnam dengan Kunjungan Putin, dari Senjata hingga Meningkatkan Kekuatan Geopolitik

Senin, 24 Juni 2024 - 21:55 WIB
Impor telah merosot sejak invasi Rusia ke Ukraina. Membeli senjata dari Rusia dapat menimbulkan dampak besar dari Barat dan menempatkan Vietnam pada risiko terkena sanksi AS, terutama berdasarkan Undang-Undang Melawan Musuh Amerika Melalui Sanksi (CAATSA) AS.

Namun, dokumen yang bocor dari Kementerian Keuangan Vietnam, tertanggal Maret 2023, mengindikasikan bahwa Hanoi berencana memodernisasi militernya dengan diam-diam membayar pembelian senjata dari Rusia melalui pembayaran ke perusahaan minyak gabungan Vietnam dan Rusia, Rusvietpetro, yang memiliki operasi minyak dan gas alam. di Siberia.

“Vietnam benar-benar perlu mewujudkan perjanjian rahasia tahun 2023 dan mekanisme pendanaan alternatif untuk akuisisi pertahanan,” kata Zachary Abuza, seorang profesor di National War College di Washington, kepada DW.

“Hal ini dilakukan untuk memungkinkan pengiriman barang-barang mahal yang akan menghabiskan anggaran pertahanan tahunan mereka, dan pada saat yang sama menghindari penggunaan dolar AS yang dapat melanggar sanksi CAATSA,” tambah Abuza.

Pihak berwenang AS dan Vietnam menolak mengomentari dokumen tersebut. Tahun lalu, New York Times mengutip seorang pejabat Vietnam yang mengatakan bahwa perjanjian senjata rahasia dengan Rusia akan bernilai $8 miliar ($7,5 miliar) selama dua dekade mendatang.

Rumor menyebutkan bahwa Hanoi sedang mencoba membeli pesawat tempur dan rudal anti-kapal BrahMos – rudal jelajah supersonik yang dirancang oleh perusahaan patungan Rusia dan India – dari Rusia.

Sistem Rusia juga akan mudah diintegrasikan ke dalam militer Vietnam tanpa pelatihan tambahan, karena pasukan Vietnam memiliki pengalaman puluhan tahun dalam menggunakan dan memelihara senjata Rusia.

5. Tidak Ingin Memprovokasi China



Foto/AP

Namun Vietnam juga berhati-hati dalam memprovokasi China, dengan siapa mereka terlibat perselisihan angkatan laut yang sudah berlangsung lama di Laut Cina Selatan.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More