Ini Deretan Kemungkinan Penyebab Kecelakaan Helikopter Presiden Iran Ebrahim Raisi

Sabtu, 08 Juni 2024 - 17:10 WIB
“Rekaman percakapan antara awak pesawat menunjukkan bahwa kontak terakhir dengan pilot hingga saat kejadian dan ketika mereka berhenti merespons berlangsung selama 69 detik,” kata para penyelidik, menurut kantor berita IRNA yang dikelola pemerintah. “Tidak ada deklarasi darurat yang tercatat selama waktu itu.”

2. Kuatnya Paham Konspirasi



Foto/AP

Di Iran yang menganut paham konspirasi, beberapa pejabat masih bersikeras bahwa kecurangan bisa menjadi penyebab kecelakaan itu. Namun, beberapa pejabat lain mulai bertanya-tanya mengapa helikopter tersebut lepas landas dari lokasi Bendungan Giz Galasi yang baru padahal cuaca sudah mulai membaik.

Mostafa Mirsalim, anggota Dewan Kemanfaatan negara, menulis di platform sosial X bahwa dia telah meminta jaksa untuk “menangani kesalahan yang menyebabkan hilangnya presiden dan delegasinya,” tanpa menjelaskan lebih lanjut.

3. Jalur Helikopter Raisi Tidak Mengikuti Standar



Foto/AP

Abbas Abdi, seorang jurnalis terkemuka, juga menulis di X bahwa jalur penerbangan yang diambil oleh helikopter Raisi menunjukkan bahwa pilot tersebut tidak mengikuti praktik standar Iran dalam membayangi jalan-jalan utama di daerah pedesaan.

Hal ini dapat membantu navigasi dan menyediakan area pendaratan yang aman dalam keadaan darurat. Mantan Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad dan Abolhassan Banisadr keduanya selamat dari kecelakaan helikopter saat masih menjabat.

Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More