Adakah Sanksi bagi Israel karena Mengabaikan Perintah ICJ?

Senin, 27 Mei 2024 - 21:12 WIB
Kini, ICJ secara khusus menuntut agar Israel memastikan penyeberangan itu terbuka.

3. Tidak Ada Sanksi bagi Israel yang Mengabaikan Perintah ICJ



Foto/AP

Dengan memerintahkan Israel menghentikan serangannya di Rafah, ini juga merupakan pertama kalinya pengadilan menerapkan pembatasan khusus terhadap cara Israel melakukan kampanye militernya di Gaza.

Para pemimpin Israel sebelumnya telah menyatakan niatnya untuk melanjutkan serangan Rafah meskipun ada konsekuensi kemanusiaan dan peringatan dari sekutu utamanya.

Tidak akan ada konsekuensi langsung jika Israel mengabaikan perintah tersebut, namun negara-negara lain kemudian dapat merujuk permasalahan tersebut ke Dewan Keamanan PBB, yang diperkirakan akan mengeluarkan resolusi yang mencerminkan keputusan pengadilan tersebut.

4. Zionis Didukung Penuh AS



Foto/AP

Amerika Serikat kemudian – secara kontroversial – harus memveto resolusi tersebut jika ingin melindungi Israel dari dampaknya.

Israel telah melanggar beberapa resolusi Dewan Keamanan, yang menurut mereka tidak mengikat, termasuk mengenai pembangunan pemukiman di Tepi Barat (DK PBB 446), aneksasi Dataran Tinggi Golan (DK PBB 497) dan inspeksi internasional terhadap (yang diduga) proyek nuklirnya. fasilitas (DK PBB 487).
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More