Siapa Julia Sebutinde? Hakim dari Uganda yang Menentang Semua Vonis ICJ dalam Kasus Genosida di Gaza

Sabtu, 27 Januari 2024 - 18:18 WIB
Sebutinde bersekolah di Sekolah Dasar Lake Victoria di Entebbe, Uganda. Setelah menyelesaikan sekolah dasar, dia melanjutkan ke SMA Gayaza. Dia kemudian mengejar gelarnya di Universitas Makerere dan menerima gelar sarjana hukum pada tahun 1977, pada usia 23 tahun.

Kemudian, sebagai bagian dari pendidikannya pada tahun 1990, pada usia 36 tahun, ia pergi ke Skotlandia di mana ia memperoleh gelar master hukum dengan predikat istimewa dari Universitas Edinburgh. Pada tahun 2009, universitas yang sama memberinya gelar doktor hukum, sebagai pengakuan atas kontribusinya dalam bidang hukum dan peradilan.

Sebelum terpilih menjadi anggota ICJ, Sebutinde adalah hakim Pengadilan Khusus Sierra Leone. Dia ditunjuk untuk posisi itu pada tahun 2007.



2. Memiliki Banyak Kontroversi

Sepanjang karir profesionalnya, Sebutinde tidak asing dengan kontroversi.

Pada bulan Februari 2011, Sebutinde adalah salah satu dari tiga hakim ketua dalam persidangan mantan Presiden Liberia Charles Taylor atas kejahatan perang yang dilakukan di Sierra Leone.

Pengadilan Khusus memutuskan Taylor bersalah atas 11 tuduhan, termasuk kejahatan perang, kejahatan terhadap kemanusiaan, terorisme, pembunuhan, pemerkosaan dan penggunaan tentara anak-anak, yang mengakibatkan hukuman penjara 50 tahun.

Pada tanggal 8 Februari, pengacara London Courtenay Griffiths, yang mewakili Taylor, keluar dari persidangan setelah hakim menolak menerima ringkasan tertulis pembelaan kliennya di akhir persidangannya.

Pada tanggal 28 Februari, sidang disipliner untuk mengecam Griffiths ditunda tanpa batas waktu karena Sebutinde menolak hadir, dan mengundurkan diri “secara prinsip”. Keputusan ini diambil setelah sebelumnya dia berbeda pendapat terhadap perintah yang mengharuskan Griffiths meminta maaf atau menghadapi tindakan disipliner.

3. Menganggap Konflik Israel dan Palestina sebagai Isu Politik

Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More