4 Pemicu Perang Melawan Kartel di Ekuador

Kamis, 11 Januari 2024 - 22:22 WIB


2. Perang Melawan Kartel Narkoba



Foto/Reuters

Noboa, 36, telah menggembar-gemborkan “Rencana Phoenix” untuk keamanan, yang mencakup pembentukan unit intelijen baru, senjata taktis untuk pasukan keamanan, penjara baru dengan keamanan tinggi dan peningkatan keamanan di pelabuhan dan bandara.

Biayanya sekitar USD800 juta, katanya, meskipun senjata baru senilai USD200 juta untuk tentara Ekuador akan disediakan oleh Amerika Serikat.

3. Pangkal Krisis Berada di Penjara



Foto/Reuters

Polisi mengatakan pada hari Minggu bahwa Adolfo Macias, pemimpin geng kriminal Los Choneros, telah menghilang dari penjara tempat dia menjalani hukuman 34 tahun. Pihak berwenang sedang berusaha melacaknya.

Sementara itu, terjadi insiden kekerasan di setidaknya enam penjara mulai Senin. Hingga Rabu, lebih dari 100 penjaga dan staf lainnya masih disandera oleh para tahanan. Di Riobamba, ibu kota provinsi di Ekuador tengah, 39 narapidana melarikan diri dari penjara, meski beberapa telah ditangkap kembali.

Kekerasan menyebar ke jalan-jalan pada hari Selasa, dengan dua petugas polisi tewas di provinsi Guayas, tempat Guayaquil berada.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More