Lavrov: Israel Mengejar Tujuan Serupa dengan Rusia

Jum'at, 29 Desember 2023 - 08:01 WIB
Menteri Luar Negeri (Menlu) Rusia Sergey Lavrov. Foto/ria novosti
MOSKOW - Tujuan yang dinyatakan Israel dalam operasinya melawan Hamas di Gaza tampaknya hampir sama dengan tujuan Rusia dalam kampanyenya melawan pemerintah Ukraina.

Menteri Luar Negeri (Menlu) Rusia Sergey Lavrov mengatakan hal itu dalam wawancara dengan RIA Novosti pada Kamis (28/12/2023).

Pasukan Pertahanan Israel (IDF) telah melakukan kampanye pengeboman tanpa henti di daerah kantong Palestina di Gaza selama dua bulan terakhir menyusul serangan mendadak Hamas di wilayah Israel pada tanggal 7 Oktober.



Serangan yang dilakukan pejuang Palestina menyebabkan sekitar 1.200 orang tewas dan penculikan lebih dari 200 sandera.

Sementara itu, tanggapan brutal Israel telah memakan korban jiwa lebih dari 21.000 orang, menurut pejabat kesehatan Gaza.

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu menyatakan tujuan akhir IDF adalah penghancuran total gerakan Hamas dalam segala bentuknya di Gaza.

Namun Lavrov mencatat tujuan-tujuan ini tampaknya mirip dengan “demiliterisasi” dan “denazifikasi,” yang telah dilakukan Moskow di Ukraina sejak melancarkan serangannya pada Februari 2022.



Diplomat tersebut mencatat kemunafikan yang ditunjukkan mantan pemerintahan Israel di bawah Perdana Menteri Yair Lapid, yang mengutuk operasi militer Rusia dan menuduh Moskow menyerang penduduk sipil dan mencaplok sebagian wilayah Ukraina. “Ini tidak adil,” tegas Lavrov.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More