Partai Republik Tolak RUU Pendanaan, Shutdown Tak Bisa Dihindari

Sabtu, 30 September 2023 - 07:06 WIB
“Kita berada di tengah-tengah perang saudara Partai Republik yang telah berlangsung selama berbulan-bulan, dan kini mengancam akan terjadi penutupan pemerintahan yang dahsyat,” kata petinggi Partai Demokrat di DPR, Hakeem Jeffries, kepada wartawan.

Banyak anggota DPR dari Partai Republik juga menyatakan rasa frustrasinya terhadap rekan-rekan garis keras mereka.

McCarthy dan Biden pada bulan Juni menyetujui kesepakatan yang akan menetapkan pengeluaran lembaga sebesar USD1,59 triliun pada tahun fiskal 2024, namun kelompok garis keras seperti Gaetz mengatakan angka tersebut seharusnya lebih rendah USD120 miliar. Anggota parlemen tidak mempertimbangkan pemotongan program bantuan populer seperti Jaminan Sosial dan Medicare yang menghabiskan porsi lebih besar dari anggaran pemerintah sebesar USD6,4 triliun.

Mantan Presiden Donald Trump, yang kemungkinan menjadi lawan Biden pada pemilu tahun 2024, mengkritik Senat Partai Republik karena bekerja sama dengan Demokrat dalam perjanjian pendanaan.

Penutupan ini akan menjadi yang keempat dalam satu dekade dan hanya empat bulan setelah kebuntuan serupa menyebabkan pemerintah federal mengalami gagal bayar (default) atas utangnya sebesar USD31 triliun. Risiko yang berulang kali terjadi telah meningkatkan kekhawatiran di Wall Street, di mana lembaga pemeringkat Moody's telah memperingatkan hal ini dapat merusak kelayakan kredit AS.

(ian)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More