Selain China, Ini 5 Negara yang Terlibat Sengketa Laut China Selatan

Jum'at, 25 Agustus 2023 - 15:02 WIB

2. Vietnam



Klaim teritorial Vietnam melibatkan sejumlah pulau dan terumbu karang di Laut China Selatan, seperti Kepulauan Paracel (Quần đảo Hoàng Sa) dan Kepulauan Spratly (Quần đảo Trường Sa). Negara Asia Tenggara yang satu ini bahkan punya sejarah panjang dalam mengelola dan mengeklaim wilayah-wilayah tersebut, yang didukung oleh bukti sejarah dan administrasi tradisional.

3. Filipina



Pada 2013, Filipina mengajukan gugatan arbitrase terhadap China di Pengadilan Arbitrase Permanen di bawah Konvensi PBB tentang Hukum Laut (UNCLOS) dan menang. Namun China menolak putusan itu dan tetap menegaskan klaimnya atas wilayah Laut China Selatan.

Klaim Filipina terkait dengan Kepulauan Spratly (Kalayaan Islands) dan Kepulauan Scarborough Shoal (Panatag Shoal atau Bajo de Masinloc). Salah satu hal yang diincar oleh Filipina di Laut China Selatan adalah sumber daya alam seperti minyak dan gas serta penangkapan ikan.

4. Malaysia



Klaim Malaysia terkait dengan Kepulauan Spratly (Kepulauan Serupai Shoal) dan beberapa perairan di sekitarnya. Namun, klaim Malaysia seperti juga klaim negara-negara lain dalam sengketa ini, tumpang tindih dengan klaim yang lebih luas dari China.

5. Brunei Darussalam



Brunei Darussalam memiliki klaim atas beberapa terumbu karang dan perairan di Laut China Selatan, terutama di sekitar Kepulauan Spratly. Meski begitu, Brunei telah bersikap netral dalam konflik Laut China Selatan dan cenderung memilih pendekatan yang lebih damai dan diplomatis dalam menangani sengketa wilayah.
(mas)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More