Turki-Mesir di Ambang Perang di Libya, Ini Perbandingan Militernya

Selasa, 21 Juli 2020 - 22:04 WIB
Mesir: 389

Turki: 1.277

Pelabuhan dan Terminal

Mesir: 11

Turki: 10

Libya jatuh ke dalam kekacauan ketika pemberontakan yang didukung NATO pada 2011 menggulingkan diktator lama Moammar Gadhafi, yang kemudian terbunuh.

Ditarik oleh sikap anti-Islamis Haftar, Mesir, Uni Emirat Arab dan kekuatan asing lainnya telah memberikan pasukannya bantuan militer yang kritis terhadap milisi barat. Rusia juga muncul sebagai pendukung utama Haftar dengan mengirimkan ratusan tentara bayaran melalui Wagner Group, sebuah perusahaan militer swasta.

Turki, rival sengit Mesir dalam perjuangan regional yang lebih luas atas Islam politik, adalah pelindung utama pasukan Tripoli, yang juga didukung oleh negara Teluk yang kaya; Qatar.

"Mesir tidak akan membiarkan upaya untuk mendukung saudari Libya...untuk mengatasi krisis yang kritis saat ini," kata Presiden Mesir Abdel Fattah el-Sissi dalam sebuah pernyataan setelah pertemuan Dewan Pertahanan Nasional pada hari Minggu yang diketuai oleh el-Sissi.

Mesir telah berada di bawah tekanan untuk bertindak sejak keruntuhan kampanye Hafter selama 14 bulan musim semi ini untuk menggulingkan pemerintah yang didukung PBB dengan basis di Ibu Kota Libya, Tripoli. Pasukan Tripoli mengusir tentara pro-Hafter dari pinggiran ibu kota, yang mencakup beberapa kota barat dan pangkalan udara utama.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More