4 Senjata Ukraina yang Dipasok oleh Jerman dan Inggris

Jum'at, 20 Januari 2023 - 19:24 WIB
Foto: Asia Times

Pada Oktober 2022, Jerman mengumumkan sudah mengirimkan sistem pertahanan udara IRIS-T ke Ukraina . Laman Eurasian Times menyebut, pemerintah Jerman tidak mengumumkan secara pasti berapa kuantitas IRIS-T yang dikirimkan. Namun, mereka menyebut akan mengirimkan 3 unit IRIS-T lagi dalam waktu dekat.

IRIS-T merupakan sistem rudal sistem pertahanan udara jarak menengah yang bisa memberikan perlindungan 360 derajat terhadap pesawat terbang, helikopter, maupun rudal jelajah. IRIS-T pertama kali diuji coba pada tahun 2014, namun baru lulus kualifikasi setahun setelahnya.

Rudal ini memiliki berat 87,4 kg dan panjang 2,94 meter, dengan hulu ledak fragmentasi eksplosif tinggi.

3. Rudal Brimstone 1



Foto: Aviation Week

Inggris disebut akan mengirim rudal Brimstone 1 ke Ukraina pada Januari 2023 ini. Hal itu dilakukan agar Ukraina bisa lebih mampu melawan Rusia di medan perang. Tak tanggung-tanggung, Inggris berencana mengirimkan 600 unit rudal Brimstone 1 ke Kiev.

Melansir laman News ABP, Inggris adalah negara kedua yang paling banyak mengirimkan bantuan ke Ukraina, setelah Amerika Serikat (AS). Pada sepanjang tahun 2022, Inggris disebut sudah memberikan bantuan sebesar 2,3 miliar poundsterling.

Rudal Brimstone 1 diketahui dikembangkan oleh MBDA dan dirancang khusus untuk melakukan serangan presisi di berbagai sasaran atau target. Termasuk di dalam target itu adalah kapal, benteng, hingga kendaraan lapis baja sekalipun. Untuk bisa membidik secara akurat, rudal ini juga dilengkapi dengan pencari radar gelombang milimeter dengan jangkauan lebih dari 8 km.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More