Malaysia dan China Bakal Eksekusi Gembong Narkoba Australia

Sabtu, 02 Mei 2015 - 15:25 WIB
Malaysia dan China Bakal Eksekusi Gembong Narkoba Australia
Malaysia dan China Bakal Eksekusi Gembong Narkoba Australia
A A A
CANBERRA - Setelah Indonesia mengeksekusi gembong narkoba duo Bali Nine asal Australia, Andrew Chan dan Myuran Sukumaran, Malaysia dan China juga akan mengeksekusi gembong narkoba asal Australia.

Menurut Sydney Morning Herald, Sabtu (2/5/2015), saat ini ada 12 warga Australia yang mendekam di penjara-penjara sejumlah negara yang bisa bernasib seperti duo Bali Nine.

Di China, gembong narkoba asal Australia, Henry Chin dinyatakan bersalah dan dijatuhi hukuman mati sejak satu dekade lalu. Henry China mencoba menyelundupkan 300 gram methamphetamine yang disembunyikan di dalam perangkat lunak komputer.

Henry Chin ditangkap tahun 2004. Kala itu, polisi China juga menggeledah rumah yang dihuni Henry China. Mereka menemukan 700 gram narkoba di ruang dapur dan ruangan lain. Kabar terakhir, eksekusi terhadap Henry Chin ditangguhkan, namun perkembangan hukum warga Australia itu jarang diketahui.

Gembong narkoba Australia lain yang terancam dieksekusi di China adalah Peter Gradner, asal Sydney. Dia ditangkap oleh Pemerintah China pada 8 November 2014 di Kota Guangzhou. Ia diduga menyelundupkan narkoba jenis sabu-sabu seberat 40 kilogram dan diancam dengan hukuman mati.

Peter Gardner akan menghadapi putusan pengadilan pada 7 Mei mendatang. Jika terbukti bersalah maka Peter Gardner akan dieksekusi algojo China.

Sedangkan di Malaysia, nenek asal Sydney barat, Australia, Maria Elvira Pinto Exposto, 52, akan dihukum gantung jika terbukti bersalah. Dia ditangkap di Bandara Internasional Kuala Lumpur pada Desember 2014 karena membawa 1,1 kilogram nakorba di kopernya.

Exposto mengklaim dia adalah korban dari penipuan online. Tanggal persidangan untuk wanita Australia itu belum ditetapkan, tapi kemungkinan akan digelar akhir tahun ini.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4096 seconds (0.1#10.140)