Ayah Emwazi Si Algojo ISIS Dituduh Antek Saddam Hussein

Senin, 02 Maret 2015 - 10:02 WIB
Ayah Emwazi Si Algojo...
Ayah Emwazi Si Algojo ISIS Dituduh Antek Saddam Hussein
A A A
LONDON - Teka-teki keluarga Mohammed Emwazi si algojo ISIS yang berasal dari Kuwit memilih tinggal di Inggris terungkap. Penyebabnya adalah, ayah Emwazi dituduh sebagai antek diktator Irak, Saddam Hussein saat Irak menginvasi Kuwait, sehingga memilih hijrah ke Inggris.

Ayah Emwazi, Jasem Emwazi kala itu dianggap aparat keamanan Kuwait sebagai sosok yang agresif dalam membantu pasukan Irak menginvasi Kuwit. Namun, Jasem Emwazi saat ini diyakini bersembunyi di Kuwait setelah putranya diyakini sebagai algojo kelompok Islamic Stete Iraq and Syria (ISIS) yang sudah ganti nama menjadi Islamic State (IS).

Sosok Jasem sendiri dikenal sebagai seorang Muslim konservatif yang melindungi anak-anaknya dari budaya Barat. Putri Jasem yang berusia 25 tahun, juga pernah mengungkap bahwa mantan bosnya di Kuwait memaksa keluarganya pindah ke Inggris karena tuduhan ayahnya jadi sekutu Saddam Hussein.

Sebelum pindah ke Inggris, Jasem Emwazi bukan warga biasa di Kuwait. Dia dulunya seorang perwira polisi Kuwait. Tapi sejak ada tuduhan bahwa dia jadi antek Saddam Hussein, hak kewarganegaraan Jasem dan keluarganya dicabut oleh pemerintah Kuwait.

Jasem lantas membawa istri dan anak-anaknya, termasuk Mohammed Emwazi tinggal di Inggris pada tahun 1993. Mereka menetap di wilayah London barat laut, di antara Maida Vale dan Queens Park.

Sementara itu, semalam terungkap bahwa Mohammed Emwazi juga pernah bekerja sebagai salesman top untuk sebuah perusahaan IT Kuwait. Usia Emwazi saat itu baru 21 tahun. ”Ia karyawan terbaik yang pernah kita miliki,” ujar mantan bos Mohammed Emwazi, yang berbicara dalam kondisi anonim, seperti dilansir Mail Online, Senin (2/3/2015).
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0983 seconds (0.1#10.140)