Bentrok antar demonstran Thailand, 1 tewas

Minggu, 01 Desember 2013 - 12:57 WIB
Bentrok antar demonstran Thailand, 1 tewas
Bentrok antar demonstran Thailand, 1 tewas
A A A
Sindonews.com - Satu orang dilaporkan tewas, sementara tiga orang lainnya mengalami luka-luka, setelah terjadinya bentrokan antara pendukung dan penentang pemerintahan tak terelakan memasuki hari ke tujuh. Suara tembakan pecah setelah sejumlah demostran pendukung pemerintah Thailand diserang oleh sejumlah mahasiswa di Ibu Kota Bangkok, Thailand, Sabtu (30/11/2013), seperti dilansir BBC.co.uk.

Menurut laporan BBC.co.uk., sejumlah pendukungPerdana Menteri Yingluck Shinawatratenggah mengelar aksi demostrasidamai di luar stadion di Bangkok, menjadi ricuh setelah masa penentang penentang pemerintah Thailand bergerak menuju Kota Bangkok.Sekelompok mahasiswa menyerang kendaraan yang mengangkut para pendukung Yingluck. Mereka melempari kendaraan tersebut dan menyeyabkan beberapa orang mengalami luka ringan.

Di tengah kericuhan sempat terdengan suara tembakan, namun belum dapat dipastikan pihak mana yang telah melepaskan tembakan. Sejumlah aparat kepolisian berdatangan di lokasi pasca bentrok dan memblokir lokasi. Situasi berhasil dikendalikan beberapa jam kemudian.

Guna meningkatkan keamanan, polisi Thailand telah meminta bantuan kekuatan militer ke Ibu Kota. Pemerintah Thailand sejak awal demonstrasi enggan mengerahkan kekuatan militer, yang sebelumnya telah menggulingkan kekuasaan mantan PM Thaksin Shinawatra, saudara laki-laki PM Yingluck, tapi sepertinya pemerintah tidak memiliki pilihan lain.

"Sebanyak 2.730 personil angkatan darat, laut dan udata akan dikerahkan untuk memperkuat keamanan di wilayah Ibu Kota," ungkap Piya Utayo, Juru Bicara Polisi Nasional Thailand.

Situasi di Bangkok kemarin semakin memanas setelah massa yang jumlahnya sekitar 2 ribu, bersumpah untuk menduduki Kantor Yingluck dan mengacaukan administrasi kantor sampa Yingluck bersedia lengser.

Sebelumnya, saat mendatangi markas tentara Thailand, massa menyerukan agar militer bergabung dengan demonstran untuk merebut kekuasaan dari tangan Perdana Menteri Yingluck.

Demonstrasi anti-pemerintah pecah di Thailand, setelah partai berkuasa, yakni Partai Puea Thai mengusung RUU amnesti yang didukung Pemerintah Yinglcuk. Namun, kelompok oposisi curiga, RUU itu sebagai siasat Yinglcuk untuk membebaskan bekas PM Thaksin Shinawatra (kakak Yingluck) dari kasus korupsi tahun 2008. Thaksin kini berada di pengasingan.

Yinglcuk sendiri, lolos dari mosi tidak percaya yang digalang parlemen untuk menyikapi demonstrasi besar di negara itu. Lolosnya Yinglcuk dari mosi tidak percaya, bukan hal yang mengherankan. Sebab, mayoritas kursi parlemen dikuasai partai yang mendukung Yinglcuk.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5849 seconds (0.1#10.140)