China tegaskan hak untuk patroli di Laut China Timur

Jum'at, 29 November 2013 - 23:13 WIB
China tegaskan hak untuk patroli di Laut China Timur
China tegaskan hak untuk patroli di Laut China Timur
A A A
Sindonews.com – Pesawat milik Angkatan Udara Tentara Pembebasan Rakyat (PLA) China memiliki hak untuk patroli di Zona Pertahanan Udara Identifikasi (ADIZ), Laut China Timur, dalam koridor kebutuhan pertahanan udara. Demikian ditegaskan Juru Bicara Kementerian Luar Negeri China, Qin Gang, Jumat (29/11/2013).

Gang membuat pernyataan itu pada konferensi pers regular, ketika diminta untuk menjelaskan tujuan patroli Angkatan Udara PLA di ADIZ. “Angkatan Bersenjata China memanggul misi melindungi negara dan menjaga perdamaian,” kata Gang, seperti dikutip dari Xinhua.

Menurutnya, saat ini Angkatan Bersenjata China secara permanen dalam keadaan kewaspadaan tinggi. Ia mendesak wartawan untuk membuat perbedaan antara ADIZ dan wilayah udara.

“Menurut hukum internasional, penerbangan normal pesawat dari negara-negara lain tidak akan terpengaruh,” katanya. Ia menambahkan, bahwa langkah-langkah yang diadopsi di wilayah udara China tidak akan diperluas ke ADIZ tersebut.

Pada akhir pekan lalu, China mengumumkan pembentukan ADIZ. Hal ini membuat pesawat yang akan melintasi zona itu perlu untuk melaporkan rencana penerbangan mereka dan mengidentifikasi diri mereka.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8568 seconds (0.1#10.140)