Jepang Akan Kerahkan Kapal Terbesar Jaga Pulau Senkaku dari Patroli China

Jum'at, 20 Agustus 2021 - 05:35 WIB
loading...
Jepang Akan Kerahkan Kapal Terbesar Jaga Pulau Senkaku dari Patroli China
Jepang akan mengerahkan kapal terbesar untuk menjaga Pulau Senkaku dari patroli China. Foto/SCMP
A A A
TOKYO - Jepang akan mengerahkan salah satu kapal penjaga pantai terbesarnya untuk operasi keamanan maritim di sekitar Kepulauan Senkaku yang disengketakan saat kapal pemerintah China memecahkan rekor patroli di daerah tersebut.

Menurut sebuah laporan surat kabar Jepang Yomiuri Shimbun, kapal patroli Asazuki - yang memiliki berat 6.500 ton - akan bergabung dengan penjaga pantai cabang Ishigaki Jepang, yang memiliki yurisdiksi atas pulau-pulau tak berpenghuni di Laut China Timur .

Beijing mengklaim rantai pulau melalui klaimnya atas Taiwan; itu menyebut mereka sebagai Kepulauan Diaoyu.

Asazuki, yang merupakan salah satu kapal terbesar dan terbaru dalam armada penjaga pantai Jepang, sedang menjalani uji coba laut dan dapat mengawasi operasi Senkaku pada awal November, kata laporan Yomiuri Shimbun.

Menurut surat kabar itu, Jepang telah menurunkan lima kapal patroli seberat 6.500 ton untuk penjaga pantainya. Mereka semua adalah kapal kelas pembawa helikopter.



Penjaga pantai China membuat rekor baru untuk intrusi ke laut teritorial dan zona tambahan di sekitar Kepulauan Senkaku tahun lalu, tetapi angka Jepang untuk 2021 sejauh ini telah membuat angka yang lebih mengkhawatirkan.

"Pada hari Rabu, kapal-kapal pemerintah China telah melakukan patroli di sekitar Senkaku pada 212 hari tahun ini," kata surat kabar itu seperti dikutip dari Newsweek, Jumat (20/8/2021).

Sebelum Topan In-Fa menghentikan gerak maju mereka bulan lalu, badan polisi maritim Beijing telah mencatat 157 hari berturut-turut operasi di sekitar pulau.

Dalam pemberitahuan online yang diposting pada hari Kamis, penjaga pantai China mengatakan kapal-kapalnya telah melanjutkan patroli di laut teritorial di lepas pantai Diaoyu, sebutan Beijing untuk pulau Senkaku.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1440 seconds (0.1#10.140)