Kapal Angkatan Laut China Berlayar di Perairan Jepang

Minggu, 12 Februari 2023 - 13:24 WIB
loading...
Kapal Angkatan Laut China Berlayar di Perairan Jepang
Kapal AL China dilaporkanb berlayar di perairan Jepang. Foto/Ilustrasi
A A A
TOKYO - Kementerian Pertahanan Jepang mengatakan sebuah kapal survei Angkatan Laut China di dekat pulau-pulau yang dekat dengan prefektur barat daya Kagoshima, Minggu (12/2/2023).

Ini adalah penampakan terakhir kapal-kapal China yang dikonfirmasi di daerah itu sejak Desember.

"Sebuah kapal survei (Angkatan Laut China) menyeberang ke perairan Jepang dari barat daya Pulau Yakushima di prefektur sekitar pukul 02.30," kata Kementerian Pertahanan Jepang seperti dilansir dari Kyodo.



Kapal tersebut berlayar keluar dari perairan teritorial Jepang dekat Pulau Kuchinoshima, sekitar 50 kilometer barat daya Yakushima, sekitar pukul 04.10 waktu setempat.

"Pemerintah Jepang menyatakan keprihatinan tentang tindakan kapal ke Beijing melalui saluran diplomatik," kata Kementerian Pertahanan Jepang.

Kemunculan kapal tersebut menandai entri ketujuh oleh kapal survei China ke perairan Kagoshima sejak November 2021.



Kapal China telah berulang kali memasuki perairan teritorial Jepang atau berlayar melalui daerah yang berdekatan, terutama di dekat Kepulauan Senkaku, sekelompok pulau kecil di Laut China Timur yang dikuasai Jepang tetapi diklaim oleh China dengan nama Diaoyu.

Kehadiran militer China yang meningkat di Laut China Selatan dan Timur telah menjadi sumber gesekan dengan beberapa negara di kawasan tersebut karena negara itu memiliki klaim teritorial yang tumpang tindih dengan tetangganya.

Kapal survey sering digunakan untuk melakukan penelitian, seperti penentuan topografi bawah laut untuk navigasi kapal selam.

(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1213 seconds (0.1#10.140)