Tsunami kecil tewaskan 6 warga Kepulauan Solomon

Kamis, 07 Februari 2013 - 13:54 WIB
Tsunami kecil tewaskan 6 warga Kepulauan Solomon
Tsunami kecil tewaskan 6 warga Kepulauan Solomon
A A A
Sindonews.com - Gempa berkekuatan 8 skala richter (SR) mengguncang wilayah timur Kepulauan Solomon telah memicu terbentuknya sebuah tsunami kecil. Sedikitnya enam orang dilaporkan tewas setelah gelombang tsunami kecil menyapu pulau Santa Cruz, Rabu (6/2/2013).

Pemerintah setempat mengatakan gelombang tsunami kecil setinggi 1,5 m menyapu Kota Lata, Ibu Kota Provinsi Temoto. Akibat tsunami tersebut, ratusan rumah dilaporkan hancur sementara ratusan orang kehilangan tempat tinggal di Desa Lauvu.

"Saat ini tim penyelamat masih melakukan pencarian di sejumlah lokasi terpencil. Gelombang ini telah merusak atau mengancurkan sekitar 100 rumah," ungkap ungkap George Herming, Juru Bicara Perdana Menteri Kepulauan Solomon seperti dilansir Xinhua.

"Warga masih takut kembali ke dalam rumah karena tidak ada yang tersisa pasca tsunami itu, jadi mereka memutuskan untuk tinggal di tempat penampungan sementara yang berada terletak di lokasi lebih tinggi,"

Herming mengatakan, beberapa gempa susulan yang cukup kuat masih sering terjadi. Akibatnya penduduk desa yang tinggal di sepanjang pantai memilih untuk tinggal di tempat yang aman.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5634 seconds (0.1#10.140)