China-Kepulauan Solomon Sepakati Pakta Keamanan Kontroversial

Jum'at, 01 April 2022 - 01:20 WIB
loading...
China-Kepulauan Solomon Sepakati Pakta Keamanan Kontroversial
China-Kepulauan Solomon Sepakati Pakta Keamanan Kontroversial. FOTO/Reuters
A A A
HONIARA - Kepulauan Solomon menyatakan telah menandatangani pakta keamanan yang luas dengan Beijing , Kamis (31/3/2022). Ini adalah sebuah perjanjian yang dikhawatirkan sekutu Barat akan membuka jalan bagi pijakan pertama militer China di Pasifik Selatan.

"Pejabat Kepulauan Solomon dan Republik Rakyat Tiongkok telah menandatangani elemen Kerangka Kerja Sama Keamanan bilateral antara kedua negara hari ini," kata pernyataan dari kantor Perdana Menteri di Honiara, seperti dikutip dari AFP.



Saat ini, kesepakatan tersebut tengah menunggu tanda tangan Menteri Luar Negeri kedua negara. Versi rancangan perjanjian itu, yang bocor pekan lalu, berisi langkah-langkah terperinci untuk memungkinkan keamanan China dan pengerahan angkatan laut ke negara kepulauan Pasifik yang dilanda krisis itu.

Itu termasuk proposal bahwa "China dapat, sesuai dengan kebutuhannya sendiri dan dengan persetujuan Kepulauan Solomon, melakukan kunjungan kapal ke, melakukan pengisian logistik di, dan memiliki persinggahan dan transisi di Kepulauan Solomon".

Pakta itu juga akan memungkinkan polisi bersenjata China untuk dikerahkan atas permintaan Kepulauan Solomon, untuk menjaga "ketertiban sosial". "Pasukan China" juga akan diizinkan untuk melindungi "keselamatan personel China" dan "proyek besar di Kepulauan Solomon".



Tanpa persetujuan tertulis dari pihak lain, tidak akan diizinkan untuk mengungkapkan misi publik. Kebocoran draf tersebut mengirimkan gelombang kejutan politik ke seluruh wilayah.

Amerika Serikat dan Australia telah lama khawatir tentang potensi China untuk membangun pangkalan angkatan laut di Pasifik Selatan, yang memungkinkan angkatan lautnya memproyeksikan kekuatan jauh melampaui perbatasannya.

Kehadiran militer China kemungkinan besar akan memaksa Canberra dan Washington untuk mengubah postur militer mereka di wilayah tersebut.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1398 seconds (0.1#10.140)