Pesawat Kepresidenan Rusia Dikejar Jet Tempur Swiss

Sabtu, 19 November 2016 - 08:52 WIB
Pesawat Kepresidenan Rusia Dikejar Jet Tempur Swiss
Pesawat Kepresidenan Rusia Dikejar Jet Tempur Swiss
A A A
LONDON - Sebuah pesawat kepresidenan Rusia yang membawa wartawan dikejar di langit Swiss oleh pesawar tempur. Pesawat kepresidenan tersebut membawa wartawan yang hendak meliput pertemuan para pemimpin negara dalam KTT APEC di Lima, Peru.

Salah satu penumpang berhasil merekam kejadian itu yang menunjukkan jet tempur yang terbang di sisi pesawat mereka adalah milik Swiss. "Kami terbang di atas Swiss. Di sebuah titik, pesawat dengan delegasi dan wartawan dicegat dari tiga sisi oleh 3 pesawat tempur," tulis pemimpin redaksi majalah Pioneer Rusia, Andrey Kolesnikov seperti dikutip dari Daily Mail, Sabtu (19/11/2016).

Kolesnikov mengatakan pesawat begitu dekat hingga ia bisa melihat wajah para pilot Swiss, dan berpotensi menjadi kecelakaan jika mereka datang lebih dekat. Meski ada kekhawatiran pesawat Rusia akan dipaksa untuk melakukan pendaratan dadakan, jet Swiss menarik diri setelah mencapai perbatasan.

Sementara itu koresponden koran Komsomolskaya Pravda, Dmitry Smirnov, menulis di halaman Facebooknya, "Kami ke Lima dengan penuh semangat: melewati Swiss dengan pengawalan dua F-18 dengan senjata lengkap," seperti dikutip dari Sputniknews.

Kapten pesawat yang mengawal pesawat Rusia mengatakan bahwa menyertai pesawat Rusia telah menjadi rutinitas. Jet tempur Swiss kemudian menjauh setelah pesawat Rusia mencapai perbatasan Rusia. Jet-jet tempur Barat secara teratur mengejar pesawat perang Rusia di wilayah udara internasional. Namun mengejar pesawat penumpang Rusia adalah sesuatu yang baru.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6425 seconds (0.1#10.140)