Jatuhkan Sanksi, tapi Swiss Ketahuan Impor 3,1 Ton Emas Rusia

Sabtu, 25 Juni 2022 - 14:02 WIB
loading...
Jatuhkan Sanksi, tapi Swiss Ketahuan Impor 3,1 Ton Emas Rusia
Swiss ketahuan impor 3,1 ton emas dari Rusia meski ikut menjatuhkan sanksi pada Moskow atas perangnya di Ukraina. Foto/REUTERS
A A A
BERN - Swiss ketahuan mengimpor 3,1 ton emas dari Rusia meski negara Eropa tersebut menjatuhkan sanksi pada Moskow atas perangnya di Ukraina .

Bea Cukai setempat mengaku sedang melacak 3,1 ton emas asal Rusia senilai USD$202 juta (lebih dari 2,9 triliun) yang memasuki Swiss dari Inggris bulan lalu. Itu dilakukan untuk mengawasi potensi pelanggaran sanksi ekonomi terhadap Rusia.

Para pejabat sedang menyelidiki impor 3,1 ton emas Rusia pada Mei, impor pertama sejak Kremlin mengirim pasukan ke Ukraina pada 24 Februari.

Kantor Federal untuk Bea Cukai dan Keamanan Perbatasan mengatakan pihaknya secara konsisten memantau impor emas dari Rusia, yang dikatakan tidak dilarang di bawah serangkaian sanksi Swiss terhadap Moskow yang diberlakukan atas invasi Rusia.



Dikatakan dalam sebuah pernyataan bahwa karena alasan hukum tidak dapat mengatakan siapa yang mengimpor emas asal Rusia dari Inggris.

“Sekitar tiga ton emas yang berasal dari Rusia dan senilai USD202 juta diimpor dari Inggris ke Swiss,” kata Kantor Federal untuk Bea Cukai dan Keamanan Perbatasan.

"Sedang memeriksa impor yang terkena dampak sehubungan dengan sanksi yang berlaku," lanjut kantor tersebut, seperti dikutip dari Al Jazeera, Sabtu (25/6/2022).

Swiss sebenarnya negara netral, bahkan bukan anggota Uni Eropa. Namun, ia telah mengadopsi hampir semua sanksi Uni Eropa terhadap perusahaan dan individu Rusia.

Kantor Kantor Federal untuk Bea Cukai dan Keamanan Perbatasan mengatakan mengekspor emas asal Rusia dilarang di bawah sanksi Swiss. Emas batangan yang diproduksi di Rusia sejak 7 Maret tidak dapat diperdagangkan di Swiss, tetapi emas batangan yang dibuat sebelumnya dapat diperdagangkan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1473 seconds (0.1#10.140)