Pemimpin ISIS Afghanistan dan Pakistan Tewas Diserang Drone AS

Sabtu, 13 Agustus 2016 - 04:45 WIB
Pemimpin ISIS Afghanistan dan Pakistan Tewas Diserang Drone AS
Pemimpin ISIS Afghanistan dan Pakistan Tewas Diserang Drone AS
A A A
ISLAMABAD - Pemimpin kelompok Islamic State (ISIS) di Afghanistan dan Pakistan telah tewas akibat serangan pesawat tak berawak Amerika Serikat (AS) dalam operasi militer gabungan AS-Afghanistan. Laporan serangan drone AS ini disampaikan Duta Besar Afghanistan untuk Pakistan, Omar Zakhilwal.

Pemimpin ISIS Afghanistan dan Pakistan yang dilaporkan tewas itu adalah Hafiz Saeed Khan.

”Saya dapat mengkonfirmasikan bahwa pemimpin ISIS Khurasan Hafiz Saeed Khan bersama dengan komandan senior dan militannya tewas dalam serangan pesawat tak berawak AS pada 26 Juli di Distrik Kot, Provinsi Nangharhar, Afghanistan,” kata Zakhilwal, hari Jumat, seperti dikutip Reuters (13/8/2016).

Pejabat militer Afghanistan, Mayor Jenderal Mohammad Zaman Wazir, mengatakan pemimpin ISIS Afghanistan-Pakistan itu tewas bersama sedikitnya 23 komandan militan lainnya dalam serangan udara AS yang didukung pasukan darat Afghanistan.

”Setidaknya 23 komandan Daesh, termasuk komandan faksi Khurasan Hafiz Saeed, tewas dalam serangan pesawat tak berawak tentara asing dan tubuh mereka masih ada,” ujar Wazir.

Seorang pejabat Departemen Pertahanan AS telah mengkonfirmasi bahwa pemimpin daerah ISIS yang bernama Hafiz Saeed Khan memang tewas dalam serangan pesawat tak berawak pada 26 Juli 2016.

Khan adalah mantan anggota Taliban Pakistan yang bersumpah setia kepada ISIS tahun 2014. Dia diyakini menjadi dalang serangan mematikan di Kabul pada bulan Juli yang menewaskan 80 orang dan membuat 231 orang lainnya terluka.

Sosok Khan telah beberapa kali diklaim tewas dibunuh dalam operasi militer, namun klaim itu kerap ditepis Afghanistan karena laporan tidak akurat.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6796 seconds (0.1#10.140)