Arab Saudi Bantah Ancam Sekjen PBB

Jum'at, 10 Juni 2016 - 21:12 WIB
Arab Saudi Bantah Ancam Sekjen PBB
Arab Saudi Bantah Ancam Sekjen PBB
A A A
NEW YORK - Arab Saudi membantah telah mengancam akan memotong dana kemanusiaan untuk menekan PBB agar menghapus koalisi Saudi dalam daftar hitam pelaku kejahatan atas kemanusiaan dalam pertempuran di Yaman.

(Baca juga: Cabut Koalisi Saudi dari Daftar Hitam, PBB Dikecam)

"Kami tidak menggunakan ancaman atau intimidasi dan kita tidak berbicara tentang pendanaan," kata Duta Besar Saudi untuk PBB, Abdullah al-Mouallimi kepada wartawan.

"Saya ingin meyakinkan Anda, bahwa pertama-tama tidak ada dalam cara kami, budaya menggunakan ancaman dan intimidasi. Kami memiliki rasa hormat yang besar terhadap lembaga PBB dan sekretariat dan tentu saja untuk Ban Ki-moon," kata utusan Saudi itu seperti dikutip dari Al Arabiya, Jumat (10/6/2016).

Al-Mouallimi pun membantah jika pemerintahannya telah menekan PBB untuk membalikkan keputusannya dengan mengancam akan memotong jutaan dolar pendanaan. Arab Saudi berkomitmen untuk terus bekerja sama dengan PBB dan Saudi tidak dapat mematahkan hubungan dengan badan internasional, karena dianggap sebagai salah satu anggota pendiri.

Sebelumnya, Sekjen PBB Ban Ki-moon mengatakan dirinya berada di bawah tekanan untuk mencabut koalisi Saudi dari daftar hitam pelaku kejahatan terhadap kemanusiaan. Ki-moon mengatakan, pendukung Saudi mengancam akan mencabut dana bantuan untuk sejumlah program PBB jika koalisi Saudi tidak dicabut dari daftar hitam.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6785 seconds (0.1#10.140)