alexametrics

Saudi: Laporan PBB Bukti Iran Dukung Kelompok Teroris di Kawasan

loading...
Saudi: Laporan PBB Bukti Iran Dukung Kelompok Teroris di Kawasan
Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia, Esam Abid Althagafi menuturkan, laporan yang dirilis PBB beberapa waktu lalu membuktikan Iran mendukung kelompok teroris di kawasan. Foto/REUTERS
A+ A-
JAKARTA - Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia, Esam Abid Althagafi menuturkan, laporan yang dirilis PBB beberapa waktu lalu membuktikan Iran mendukung kelompok teroris di kawasan. Dia mendesak dunia internasional untuk semakin kuat menekan Iran, sehingga Teheran tidak dapat secara leluasa melakukan aksinya.

Althagafi mengatakan, Saudi memiliki kemampuan untuk mempertahankan infrastrukturnya dan telah menerapkan sejumlah teknologi canggih untuk menemukan sumber senjata, dan rudal yang menargetkan instalasi minyakya. Di mana, dia menyebut serangan itu telah merugikan dan berpengaruh pada stabilitas ekonomi global.

(Baca juga: Pompeo: Kegagalan Perpanjang Embargo Senjata Iran Membuat Dunia Dalam Bahaya)

Dia lalu mengatakan, ajakan Saudi kepada para ahli internasional dan PBB untuk berpartisipasi dalam penyelidikan atas serangan itu mencerminkan transparansi Riyadh mengenai kebenaran apa yang terjadi dan mengklarifikasinya dengan bukti-bukti.



"Saudi sangat serius untuk mengamankan jalur laut internasional dan serta instalasi-instalasi minyak, berdasarkan kepeduliannya terhadap perdamaian dan keamanan internasional, dan kembali menegaskan bahwa Iran adalah negara yang mengadopsi milisi teroris Houthi," ucapnya, dalam pernyataan yang diterima Sindonews pada Kamis (2/7/2020).

"Saudi juga menyerukan kepada komunitas internasional untuk menekan rezim Teheran untuk mengubah perilakunya dan menjadi sistem yang normal, dan berhenti mengeluarkan kebijakan luar negeri yang agresif terhadap kawasa dan dunia," sambungnya.



(Baca juga: Sebut Jokowi Bersandiwara, PBB: Kita Tahulah Pak Amien Sutradara Politik)

Dia menambahkan bahwa laporan dan hasil penyelidikan yang disampaikan dalam pertemuan Dewan Keamanan (DK) PBB itu memperkuat sikap terhadap perpanjangan embargo senjata, ekspor dan larangan impor ke Iran dan menjatuhkan sanksi terhadap program rudal balistik Iran.
(esn)
Ikuti Kuis Berhadiah Puluhan Juta Rupiah di SINDOnews
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak