Pesawat Tempur Yunani dan Turki Kejar-kejaran di Laut Aegea

Kamis, 31 Desember 2015 - 18:31 WIB
Pesawat Tempur Yunani dan Turki Kejar-kejaran di Laut Aegea
Pesawat Tempur Yunani dan Turki Kejar-kejaran di Laut Aegea
A A A
ATHENA - Pesawat tempur Yunani dan Turki terlibat kejar-kejaran di udara, setelah pesawat Turki dilaporkan melanggar ruang udara Yunani. Tidak hanya sekali, tercatat 9 kali pesawat Turki kedapatan melakukan pelanggaran udara.

Pesawat tempur kedua negara terlibat kejar-kejaran singkat di atas Laut Aegea, setelah 8 pesawat tempur Turki melanggar ruang udara Yunani sebanyak 9 kali. Delapan pesawat tempur Turki itu pun berhasil diusir pesawat tempur Yunani dari daerahnya, seperti disitir Independent dari media Yunani, Kamis (31/12/2015).

Pelanggaran wilayah ini adalah yang pertama sejak awal Desember, setelah pertikaian diplomatik kedua negara atas wilayah tersebut. Yunani mengklaim 10 mil dari wilayah udara di sekitar kelompok pulau-pulau Yunani di sepanjang pantai barat Turki.

Namun, Turki hanya mengakui 6 mil wilayah udara. Sebagian besar pelanggaran ruang udara diantara kedua negara terjadi dalam radius empat mil yang diakui oleh kedua negara.

Turki sendiri tidak asing dengan konflik udara setelah menembak jatuh sebuah jet Rusia di wilayah perbatasan dengan Suriah pada bulan lalu. Akibat insiden ini, hubungan Turki dengan Rusia pun memanas.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5462 seconds (0.1#10.140)