Erdogan kepada Yunani: Jangan main-main dengan Turki di Aegea

Minggu, 08 Januari 2023 - 08:49 WIB
loading...
Erdogan kepada Yunani: Jangan main-main dengan Turki di Aegea
Presiden Recep Tayyip Erdogan mengatakan Ankara tidak memiliki masalah dengan Yunani selama tidak mengacaukan Turki di Laut Aegea. Foto/New Straits Times
A A A
ANKARA - Ankara tidak memiliki masalah dengan Yunani selama "tidak mengacaukan" Turki di Laut Aegea. Hal itu diungkapkan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan.

"Kami menembakkan Tayfun (Topan). Seberapa jauh jangkauan Tayfun? 561 kilometer. Apa yang dilakukan orang-orang Yunani? Mereka mengepak. Surat kabar segera menjadi berita utama: 'Mereka akan menghantam Athena.' Kami tidak memiliki masalah seperti itu selama Anda tidak mengacaukan kami di Laut Aegea," kata Erdogan .

"Selama Anda tidak mengacaukan kami di Laut Aegea, kami tidak akan mengacaukan Anda," imbuh Erdogan dalam sebuah upacara di provinsi selatan Antalya seperti dilansir dari Anadolu, Minggu (8/1/2023).



Turki melakukan uji tembak rudal balistik jarak pendek Tayfun (Typhoon) yang diproduksi di dalam negeri pada bulan Oktober lalu. Rudal tersebut dapat mencapai target pada jarak 561 kilometer dalam 456 detik.

Erdogan memuji pertumbuhan industri pertahanan dalam negeri Turki, mengatakan setiap negara "iri" pada drone tempur Bayraktar TB2 dan jet tempur tak berawak, Kizilelma.

Turki, anggota NATO selama lebih dari 70 tahun, telah mengeluhkan tindakan provokatif berulang dan retorika oleh Yunani di wilayah tersebut dalam beberapa bulan terakhir, termasuk mempersenjatai pulau-pulau di dekat pantai Turki yang didemiliterisasi berdasarkan kewajiban perjanjian. Dikatakan bahwa langkah-langkah seperti itu menggagalkan upaya itikad baiknya menuju perdamaian.

(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1870 seconds (0.1#10.140)