Venezuela Kian Mesra dengan Rusia

Minggu, 15 Maret 2015 - 13:24 WIB
Venezuela Kian Mesra dengan Rusia
Venezuela Kian Mesra dengan Rusia
A A A
CARACAS - Hubungan Venezuela dengan Rusia terus bertambah mesra, seiring bertambah buruknya hubungan negara tersebut dengan Amerika Serikat (AS). Kedekatan kedua negara terlihat saat Venezuela mengundang Rusia untuk melakukan latihan militer bersama di pinggiran kota Caracas.

Konfirmasi akan adanya latihan militer bersama ini disampaikan langsung oleh Menteri Pertahanan Venezuela, Vladimir Padrino Lopez. Menurut Lopez, latihan perang ini akan berlangsung selama sepuluh hari, dan merupakan mandat dari Presiden Nicolas Maduro.

"Militer Venezuela sedang melakukan latihan militer besar-besaran, dengan fokus pada memperkuat pertahanan udara. Pasukan Rusia akan terlibat dalam latihan perang ini, dimana mereka juga akan membawa alat-alat militer mereka," ucap Lopez, seperti dilansir Sputnik, Minggu (15/3/2015).

Menurut Lopez, selain akan adanya latihan perang bersama, militer Venezuela juga akan membeli beberapa peralatan militer dari Negeri Beruang Merah itu. "Milter Venezuela semakin meminati produk-produk militer buatan Rusia. Peralatan militer buatan Rusia telah secara substansial memperkuat kapasitas Angkatan Bersenjata Venezuela," Lopez menambahkan.

Latihan dan pembelian senjata ini terealisasi paska Lopes melakukan pertemuan dengan Menteri Pertahanan Rusia Sergei Shoigu Februari lalu. Dalam pertemuan itu kedua Menteri sepakat untuk memperkuat kerjasama militer dan intelijen kedua negara.

Selain Rusia, menurut beberapa media setempat, pasukan China juga akan terlibat dalam latihan militer itu. Belum diketahui berapa jumlah pasukan Rusia dan China yang akan ikut dalam latihan itu, sedangkan dari sisi Venezuela setidaknya 10 ribu tentara akan terlibat dalam latihan tersebut.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.2988 seconds (0.1#10.140)