Maduro Ingin Bentuk Blok Regional Baru Bersekutu dengan Rusia dan China

Sabtu, 14 Januari 2023 - 20:35 WIB
loading...
Maduro Ingin Bentuk Blok Regional Baru Bersekutu dengan Rusia dan China
Presiden Venezuela Nicolas Maduro. Foto/REUTERS
A A A
CARACAS - Presiden Venezuela Nicolas Maduro mengusulkan pembentukan blok internasional baru yang melibatkan negara-negara Amerika Latin dan Karibia yang akan memiliki hubungan dekat dengan Rusia dan China.

Selama pidato tahunannya di parlemen Venezuela pada Jumat (13/1/2023), Maduro mengatakan dia baru saja berbicara dengan presiden Brasil, Kolombia, dan Argentina tentang pembentukan organisasi regional baru.

Menurut Maduro, “Waktunya telah tiba untuk menyatukan upaya dan jalan di Amerika Latin dan Karibia untuk maju dalam pembentukan blok kekuatan politik yang kuat, kekuatan ekonomi yang berbicara kepada dunia.”



Presiden Venezuela melanjutkan dengan mengatakan blok tersebut akan menciptakan "kutub kekuatan baru", dan akan bersekutu dengan Rusia dan China yang para pemimpinnya disebut Maduro sebagai "kakak laki-laki".

“Aliansi semacam itu akan terdiri dari komunitas dengan takdir bersama yang dibicarakan kakak laki-laki kita Presiden Xi Jinping, atau dunia multipolar dan multisentris yang dibicarakan oleh kakak laki-laki kita, Presiden Vladimir Putin," papar Maduro.

“Agar dunia ini tiba, diperlukan blok Amerika Latin dan Karibia yang bersatu dan maju,” tegas dia.



Presiden Putin telah berulang kali mengecam konsep “dunia unipolar” yang didominasi Amerika Serikat (AS).

Pada bulan September, dia mengklaim upaya untuk mencapai konfigurasi seperti itu “telah mengambil bentuk yang sangat buruk”.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1727 seconds (0.1#10.140)