Rusia: Keputusan Inggris Tahan Emas Venezuela Keterlaluan

loading...
Rusia: Keputusan Inggris Tahan Emas Venezuela Keterlaluan
Kementerian Luar Negeri Rusia mengatakan, keputusan Inggris untuk menahan emas Venezuela adalah sesuatu hal yang keterlaluan. Foto/REUTERS
A+ A-
MOSKOW - Kementerian Luar Negeri Rusia mengatakan, keputusan Inggris untuk menahan emas Venezuela adalah sesuatu hal yang keterlaluan. Inggris melarang pemerintah Venezuela untuk menarik cadangan emas mereka, tapi memberikan akses kepada pemimpin oposisi, Juan Guaido untuk menarik emas tersebut.

"Keputusan ini benar-benar keterlaluan," kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Rusia, Maria Zakharova dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir PressTV pada Minggu (5/7/2020).

(Baca juga: Akui Guaido Presiden Venezuela, Bank Inggris Tolak Maduro Tarik Emas Rp14,3 T)

Zakharova mengatakan, putusan pengadilan didasarkan pada kebijaksanaan politik dan bukan hukum. Dia menuturkan, Inggris telah berhasil merebut cadangan emas dari negara berdaulat dalam upaya untuk mendukung pelaku kudeta di Venezuela.



Sebelumnya diwartakan, Pengadilan Tinggi Inggris memutuskan bahwa presiden sah Venezuela yang sebenarnya adalah Guaido, bukan Nicolas Maduro yang terpilih dalam pemilu.

Putusan inilah yang jadi dasar hukum Bank of England (BOE) atau Bank Inggris menolak langkah Maduro menarik emas batangan berton-ton senilai £800 juta (lebih dari Rp14,3 triliun) milik negara sosialis tersebut.

Bank sentral Venezuela menginginkan emas berton-ton yang disimpan di BOE ditarik sehingga dapat dijual untuk membeli obat-obatan dan peralatan medis untuk perang melawan pandemi virus corona baru (Covid-19).



(Baca juga: Kemenkes Sebut Penyakit Tidak Menular Kini Mengancam Usia Muda)

Bank sentral Venezuela menyatakan dana tersebut akan ditransfer ke Program Pembangunan Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNDP) untuk memastikan dana itu tidak digunakan untuk hal lain. Namun, kubu oposisi keberatan dengan hal itu dan mengklaim Maduro ingin menggunakan dana tersebut untuk membayar sekutu-sekutu luar negerinya.
(esn)
TULIS KOMENTAR ANDA!
preload video
Top